Pengaruh Gaya Hidup, Kepribadian dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Hijab Ummi Collection
Abstract
This study aims to examine and analyze the effect of lifestyle, personality, and price fairness on purchasing decisions. This research was conducted on consumers who are in the gombong area and who have made purchases at the Ummi Collection hijab store. Data collection was carried out through distributing questionnaires to 100 respondents who were in the gombong area and who had made purchases at the Ummi Collection hijab store. Data collection techniques by distributing questionnaires. The analysis used is validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear analysis test and coefficient of determination. The analysis technique used is the SPSS Analysis version 23 for Windows program. The results obtained in the study indicate that the variables of lifestyle, personality, and fairness of price have a significant effect on purchasing decisions. Lifestyle variables have a significant effect on purchasing decisions, personality variables have a significant effect on purchasing decisions, while the price fairness variable has no significant effect on purchasing decisions.
Downloads
References
Amalia, R. (2017). Pengaruh Kepribadian, Gaya Hidup dan Konsep Diri terhadap Keputusan Pembelian Online di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Budiono, T., Herieningsih, S. W., & Lukmantoro, T. (2013). Pemaknaan Tren Fashion Berjilbab Ala Hijabers Oleh Wanita Muslimah Berjilbab. Interaksi Online, 1(3).
Darmawati, D., Subekti, B., Setyawati, S. M., & Sumarsono, S. (2018). ANALISIS PENGARUH KEBUDAYAAN, SOSIAL, KEPRIBADIAN DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAR’E (Survei pada nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Purwokerto. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 6(1), 16-32.
Fakhrudin, A. (2019). Pengaruh Kewajaran Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Penumpang Maskapai Citilink Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 55-72.
Grab, J., & Manalu, M. Pengaruh Kewajaran Harga Jasa Dan Kemudahan Sistem Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian.
Habibi, M. (2014). Pengaruh dimensi gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Purworejo. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1. a).
Hartati, A. S. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: Survei pada komunitas traveler anggota GoPro Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Jailani, A. S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Cak Cuk Di Surabaya. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(1), 41-49.
Kadir, H. A., Syarifuddin, T., Wahba, W., Rahman, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 112-117.
Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Kartikasari, D. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Penelitian pada mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk mie instan merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).
Noviyarto, H. (2010). Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta. InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 1(2), 107-129.
Rafiz, F. M., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2016). ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK DAIHATSU (Studi Pada Konsumen Kendaraan Daihatsu Di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 105-111.
Rahyuda, I. K., & Atmaja, N. P. C. D. (2011). Pengaruh kewajaran harga, citra perusahaan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna penerbangan domestik Gia di Denpasar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 15(3), 370-395.
Rakhman, K. G., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Biore Men Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 542-550.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti, 6(2).
Sujana, S., & Sim, C. E. (2012). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Blackberry. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen Ranggagading, 12(2), 148-156.
Uhing, Y., Soegoto, A. S., & Fautngiljanan, V. V. (2014). Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan Pengaruhnya terhadap Keputusan Menggunakan Produk Asuransi Prudential di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 2279.
Ulfa, R., Wulandari, D., & Subagio, N. A. (2019). Pengaruh Hijabers Community Terhadap Gaya Hidup Dan Keputusan Pembelian Hijab Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1).
Veterinawati, D. (2013). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Blackberry di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(3).
Yuniar, O. R., Mahmud, A., & Abidin, Z. (2014). Pengaruh Pemakaian Jilbab Terhadap Perilaku Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Wonogiri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).