Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah
Studi Pada Konsumen Pengguna Lipstik Wardah di Kabupaten Kebumen
Abstract
This study aims to examine and analyze how the influence of brand image, product variation and lifestyle on Wardah lipstick purchasing decisions. Data was collected by distributing questionnaires. By using purposive sampling method, this study took a sample of 103 respondents to consumers who use Wardah lipstick in Kebumen Regency. The analysis used is validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis test, hypothesis test and coefficient of determination. The analysis technique used is the SPSS 23.00 for windows analysis program. The results of this study indicate that brand image has a significant effect on purchasing decisions, product variations have a significant effect on purchasing decisions, lifestyle has a significant effect on purchasing decisions.
Downloads
References
Aaker, D. A., Biel, A. L., & Biel, A. (2013). Brand equity & advertising: advertising's role in building strong brands. Psychology Press.
Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2014). Pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung Galaxy. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(2), 139-147.
Aprianto, R. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Kompor Gas Rinnai Pada Konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuk Linggau. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 16(2).
Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Metodologi penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Ayuniah, P. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3).
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.
Engasser, P. G. (2000). Lip cosmetics. Dermatologic clinics, 18(4), 641-649.
Gaspersz, V. (2008). Total Quality management. cetakan kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 82-83.
Groover Mikel, P. (2010). Fundamental of Modern Manufacturing: material, process and systems 4th edition.
Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 55.
Kotler, P. (2000). Prinsip–Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks. New Jersey.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management, 14th. Person Education.
Makrufah, I. A. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kartasura. Skripsi Surakarta: IAIN Surakarta.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian Cetakan Kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nugroho, J. S. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media.
Nugroho, J. S., & SE, M. (2010). Perilaku Konsumen; Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nurrahman, I., & Utama, D. H. (2016). Pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian (survei pada pembeli smartphone nokia series x di bec bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 56-65.
Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619-630.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Philip, K., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Ed 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 788-801.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat, 5(2), 23-34.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen edisi ketujuh. Jakarta: Indeks.
Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta. Ujang Sumarwan.