Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Brand Image terhadap Purchase Decision dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening

Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat di Kabupaten Kebumen

  • Siti Malichah Universitas Putra Bangsa
  • Gunarso Wiwoho Universitas Putra Bangsa
Keywords: Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh celebrity endorser, electronic word of mouth dan brand image terhadap purchase decision dengan minat beli sebagai variabel intervening studi pada konsumen minuman isotonik Pocari Sweat di Kabupaten Kebumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 dan data diolah dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows versi 22.0. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik (analisis jalur) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial celebrity endorser, electronic word of mouth, brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Celebrity endorser, electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase decision. Brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase decision. Secara mediasi celebrity endorser, electronic word of mouth, brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase decision melalui minat beli pada konsumen minuman isotonik Pocari Sweat di Kabupaten Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Angkasa, M. Y., Tawas, H. N., & Raintung, M. C. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Citra Merek Terhadap Keputusan Membeli Motor Honda Beat Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Cahyono, F. D., Kusumawati, A., & Kumadji, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram@ Saboten_Shokudo). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 148-157.

Chandra, G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Cheung, C. M., & Lee, M. K. (2012). What Drives Consumers To Spread Electronic Word Of Mouth In Online Consumer-Opinion Platforms. Decision support systems, 53(1), 218-225.

Dewi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 409-423.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP.

Imam, G. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam, G. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Keller, K. L. (2013). Keller: Strategic Brand Management eBook GE 4e. Pearson Higher Ed.

Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management 14th edition. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2005). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga. Laksana. Terjemahan Fajar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management, New Jersey: Person Education.

Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism management, 29(3), 458-468.

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101-115.

Mudrajad, K. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Nugroho, J. S. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Nugroho, J. S., & SE, M. (2010). Perilaku Konsumen; Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Perkasa, D. H., Suhendar, I. A., Randyantini, V., & Andrini, E. (2020). The Effect Of Electronic Word Of Mouth (EWOM), Product Quality And Price On Purchase Decisions. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 1(5), 695-706.

Philip, K., & Amstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid Dua, Jakarta: Penerbit Prehallindo.

Philip, K., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Ramadhan, I. (2017). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli (Studi pada Mobil Merek Nissan di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Restanti, F. A., Kusumawati, A., & Rahma Devita, L. D. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Zoya Fashion dan Hijab). Jurnal Administrasi Bisnis, 68(1), 28-37.

Sari, P. S., & Salmah, N. N. A. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 411-418.

Sarwono, J. (2007). Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. dialihbahasakan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Siagian, D. Sugiarto, 2006, Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Taungke, G. S., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Erigo di Akun Resmi Instagram Erigo). Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1).

Umar, H. (2010). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis serta Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Published
2021-12-18
How to Cite
Malichah, S., & Wiwoho, G. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth (EWOM) dan Brand Image terhadap Purchase Decision dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1139-1156. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i6.963
Section
Articles