Pengaruh Price Consciousness Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Perceived Quality Sebagai Variabel Pemediasi Pada K-Beauty Produk Nature Republic
Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Kebumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Price Consciousness dan Country of Origin terhadap Minat Beli Konsumen dengan Perceived Quality sebagai variabel pemediasipada masyarakat di Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 responden. Penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling (purposive sampling). Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuisoner onlinemelalui google form. Sikap responden diukur menggunakan skala likert 4 tingkatan. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan bantuan progam SPSS for windows versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel price consciousness berpengaruh signifikan terhadap perceived quality.Variabel country of origin berpengaruh signifikan terhadap perceived quality pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen. Variabel price consciousness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen.Variabel country of origin tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen. Variabel perceived quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen.Variabel price consciousness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen melalui perceived quality pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen. Variabel country of origin berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen melalui perceived quality pada K-Beauty Produk Nature Republic di Kabupaten Kebumen.
Downloads
References
Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127-136.
Buditama, S. P., & Aksari, A. (2017). Peran Perceived Quality Memediasi Perceived Price terhadap Perceived Value Pengguna jasa Layanan Rumah Kos Jimbaran (Doctoral dissertation, Udayana University).
Darsono, L. I., & Junaedi, C. M. (2006). AN EXAMINATION OF PERCEIVED QUALITY, SATISFACTION, AND LOYALTY RELATIONSHIP. Gadjah Mada International Journal of Business, 8(3).
Dewa, C. B. (2015). Pengaruh Country Of Origin Produk Televisi LG Terhadap Niat Beli Konsumen Dengan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Pemediasi. Bianglala Informatika, 3(1).
Dharamdasani, D., & Sharma, M. (2017). Impact of Brand Related Attributes on Consumer's Purchase Intention Towards Private Label Apparels Brands: A Study About the Consumers of Ahmedabad. International Journal of Engineering and Management Research (IJEMR), 7(1), 297-303.
Dinata, J. S. (2015). Country Of Origin dan Pengaruhnya Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia). Jurnal administrasi bisnis, 25(1).
Faraditta, A., & Mudiantono, M. (2015). Analisis Pengaruh Country Of Origin Perception, Perceived Quality dan Consumer Perception terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi pada Oli Fastron di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Fetscherin, M., & Toncar, M. (2010). The effects of the country of brand and the country of manufacturing of automobiles: An experimental study of consumers' brand personality perceptions. International Marketing Review.
Ghaizani A, A., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh country of origin terhadap brand image dan dampaknya bagi keputusan pembelian (Survei Online Pada Konsumen Skin Care Etude House di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(2), 110-118.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Univesitas Diponegoro.
Hananto, K. (2015). Pengaruh brand image dan country of origin image terhadap minat pembelian iphone. Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 13-22.
Hansen, H., & Hem, L. E. (2004). Brand extension evaluations: effects of affective commitment, involvement, price consciousness and preference for bundling in the extension category. ACR North American Advances.
Huang, J. H., Lee, B. C., & Ho, S. H. (2004). Consumer attitude toward gray market goods. International Marketing Review.
Jaffe, E. D., & Nebenzahl, I. D. (2001). National Image ND Competitive Advantage: The Theory and Practice of Country-of-origin Effect. Copenhagen business school press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kurniawan, H. A., & Indriani, F. (2018). Pengaruh product knowledge, perceived quality, perceived risk, dan perceived value terhadap purchase intention pada motor kawasaki ninja 250 fi di kota semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 346-358.
Latte, J. (2018). Pengaruh product perceived quality dan citra toko terhadap minat beli produk label pribadi indomaret Tanah Grogot. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 2(2).
Lichtenstein, D. R., Ridgway, N. M., & Netemeyer, R. G. (1993). Price perceptions and consumer shopping behavior: a field study. Journal of marketing research, 30(2), 234-245.
Nirmala, R. P., & Dewi, I. J. (2011). The effects of shopping orientations, consumer innovativeness, purchase experience, and gender on intention to shop for fashion products online. Gadjah mada international journal of business, 13(1), 65-83.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (1999). Consumer Behavior”: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Keempat, Penerbit Erlangga.
Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, PERCEIVED QUALITY DAN PRICE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada pengguna Oli Castrol di Bengkel Castrol Active Sawojajar Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(12).
RAFIDA, V. (2015). Pengaruh Country Of Origin terhadap Minat Beli dengan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Artomorro Selluler Kota Madiun). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).
Yanthi, K. P., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat beli sepeda motor honda beat di kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3852-3881.
Yunus, N. S. N. M., & Rashid, W. E. W. (2016). The influence of country-of-origin on consumer purchase intention: The mobile phones brand from China. Procedia Economics and Finance, 37, 343-349.