Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Brand Image dan Attitude yang Berdampak pada Purchase Intention Skin Mobile Legends melalui Review di Youtube

  • Fauzi Nurohman Universitas Putra Bangsa
  • Sulis Riptiono Universitas Putra Bangsa
Keywords: Social Media Influencer, Brand Image, Attitude, Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Influencer terhadap Brand Image dan Attitude yang berdampak pada Purchase Intention skin Mobile Legends.  Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji instrument validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua item pernyataan setiap variabel valid dan reliable. Model penelitian memenuhi kriteria uji asumsi klasik tidak terdapat multikolonieritas, heterokedastisitas, dan memenuhi asumsi normalitas. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) substrukural I diperoleh hasil bahwa variabel Social Media Influencer terhadap Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Image. Pada substruktural II diperoleh hasil bahwa variabel Social Media Influencer berpengaruh secara signifikan terhadap Attitude. Pada substruktural III diperoleh hasil bahwa variabel Brand Image dan Attitude berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Intention. Sedangkan variabel Social Media Influencer tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, N. S., Yuniarta, G. A., AK, S., & SINARWATI, N. K. (2015). Pengaruh modal kerja, likuiditas, aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).

Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Assael, H. (2001). Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3. Boston Massachusset, AS: Ken Publishing Company.

Etta, M. (2010). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Irawan, B. S. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Keller, P. K. K. L., & Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Lee, J. G., & Thorson, E. (2008). The impact of celebrity–product incongruence on the effectiveness of product endorsement. Journal of advertising research, 48(3), 433-449.

Martinez, B., & Kim, S. (2012). Predicting purchase intention for private sale sites. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Oentoro, D. (2012). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi & aspek tambahan komunikasi. Pemasaran. Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sigit, M. (2006). Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Close Up. Jurnal Siasat Bisnis, 11(1).

Sugiyono Prof, D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120- 123.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2008). Perilaku konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118.

Published
2021-12-16
How to Cite
Nurohman, F., & Riptiono, S. (2021). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Brand Image dan Attitude yang Berdampak pada Purchase Intention Skin Mobile Legends melalui Review di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1080-1092. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i6.955
Section
Articles