Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening

(Studi pada Pegawai PNS di Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen)

  • Rini Susilowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Siti Nur Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Keterlibatan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja, Komitmen Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Kinerja Pegawai PNS di Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PNS di Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen yang berjumlah 34 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistika dengan metode non probability sampling dan jenis tekniknya yaitu sampel jenuh. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis korelasi, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan uji reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Keterlibatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Keterlibatan Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja. Kepuasan Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja, Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, serta Komitmen Organisasi dapat memediasi antara Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, D. (2017). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening (studi pada staff pt kepuh kencana arum mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3), 1-9.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handayani, D. L. (2011). Komitmen Organisasi Merupakan Variabel Intervening Pengaruh Antara Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 2(2).

Hasibuan, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2007). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indra, D., Iskandar, Y., & Faruk, M. (2019). Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Kohesivitas Dalam Kelompok Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Suatu Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-B Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(4), 193-205.

Luthas, F. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

Mangkunegara. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rivai, V., & Mulyad, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi sepuluh. Jakarta: PT. Indeks.

Robbins, S. P. (2013). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2010). Essentials of Organizational Behavior. 10th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Rosyidah, E., Fadah, I., & Tobing, D. S. K. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasi Di Unit-Unit Pelayanan Publik Kabupaten Jember. Relasi: Jurnal Ekonomi, 14(1), 1-16.

Soegihartono, 2012, Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja dengan Mediasi Komitmen (di PT Alam Kayu Sakti Semarang), Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol.3, No. 1, April 2012, 123-140.
Published
2020-10-21
How to Cite
Susilowati, R., & Azizah, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 752-764. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.606
Section
Articles