Pengaruh Fanatisme Fans Anime, Keragaman Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Anime pada Distro Pikapikani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Fanatisme Fans Anime, Keragaman Produk dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian merchandise anime pada distro Pikapikani. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 responden pada konsumen yang pernah membeli di distro Pikapikani. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah fanatisme fans anime (X1), keragaman produk (X2), lifestyle (X3) dan keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hiotesis, analisis linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan model memenuhi asumsi normalitas. Variabel fanatisme fans anime, keragaman produk dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise anime baik secara parsial dan simultan. Nilai Adjusted R² persamaan sebesar 0,360 artinya bahwa variabel keputusan pembelian (dependent) yang dijelaskan oleh variabel fanatisme fans anime, keragaman produk, lifestyle (independent) dalam penelitian ini sebesar 36% sedangkan sebesar 64% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini.
Downloads
References
Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Anas, K., & Muhajirin, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) dan Harga Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 131-138.
Bilson, S. (2004). Riset Pemasaran. Jakarta, Gramedia Utama.
Chung, E., Beverland, M., Farrelly, F., & Quester, P. (2008). Exploring consumer fanaticism: Extraordinary devotion in the consumption context. ACR North American Advances.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & PW, M. (1995). Perilaku Konsumen. Translation of Consumer Behafior. Six Edition.
Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Ghazali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.(edisi ke-9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryono, D. F. (2019). Pengaruh Fanatisme Penggemar Korean Pop Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Pada Komunitas Hallyu-Up Edutainment Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Humairoh, S. (2019). Pengaruh lokasi, keragaman produk, dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pm collection pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Huzangi, A., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 910-926.
Kotler, P. (1994). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian Edisi ke delapan jilid 2. Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi milenium. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2005). Manajemen Pemasaran, jilid I dan II. Jakarta: PT. indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jakarta: indeks.
Kurniawan, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang.
Manaji, J., & Mathori, M. (2018). Pengaruh Fanatisme Suporter Sepakbola Paserbumi pada Keputusan Pembelian Merchandise Klub Persiba Bantul (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).
Marimaa, K. (2011). The many faces of fanaticism. KVÜÕA toimetised, (14), 29-55.
Marsella, D. D., Taufik, M., & Hartono, H. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Butik Nabila Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(4), 236-241.
Ma'ruf, H. (2006). Pemasaran ritel. Gramedia Pustaka Utama.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
Mukaromah, E. F. (2020). Pengaruh Fanatisme Suporter, Brand Love, dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Studi Pada Arema FC Official Store Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
Nugroho, J. S. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenada Media.
Pebrianto, R. A. (2018). Pengaruh Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise Manchester United (Doctoral dissertation, Institut Pertanian Bogor).
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen (Z. Kasip, Trans.). Jakarta: Indeks.
Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen, Cetakan 4. Edisi Revisi, Jakarta: Kencana.
Sugiyono & Wibowo, E. (2003). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, M. (2008). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, L. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi II.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi Offset.
Tobing, F. M., & Sihombing, D. (2016). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan). Jurnal plans: Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 11(2).
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Yahya, F. (2017). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pengguna Lazada. Co. Id Di Sidoarjo. E-Journal Manajemen" BRANCHMARCK", 3(3).
Yusanti, A. A. P. (2017). Pengaruh Marketing Mix, Celebrity Endorsment, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Wardah di Kecamatan Sukolilo Surabaya (Doctoral dissertation, STIESIA Surabaya).