Antecedents Customer Satisfaction in Jabodetabek: Perception Customer of Price, Perception of Fairness Offered and Pricing Procedures
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga perawatan mobil rutin terhadap kepuasan pelanggan di bengkel resmi mobil yang dibagi menjadi beberapa urutan yang berurutan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah persepsi harga, sedangkan variabel endogen adalah persepsi kewajaran penawaran harga, persepsi keadilan prosedur penetapan harga, kepuasan terhadap pelayanan bengkel, kepuasan terhadap hasil kerja bengkel, dan kepuasan terhadap pelayanan bengkel secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan 150 pelanggan bengkel resmi mobil sebagai responden setelah melalui proses normalisasi data. Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan AMOS 20.0 digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga secara tidak langsung mempengaruhi kepuasan terhadap pelayanan bengkel secara keseluruhan melalui dua variabel pemoderasi yaitu kepuasan terhadap pelayanan bengkel dan kepuasan terhadap hasil kerja bengkel, semuanya berada pada taraf signifikansi 0,05.
Downloads
References
Emmett, R. B. (2015). Outline And Summary of Price Theory: To Supplement and Amend Ely, Outlines of Economics. Research in The History of Economic Thought and Methodology, 29(2), 393-407.
Fitzsimmons, J. A., Bordoloi, S., & Fitzsimmons, M. J. (2019). Service Management: Operations, Strategy, Information Technology 9th Ed. New York: McGraw-Hill Education.
Herrmann, A., Xia, L., Monroe, K. B., & Huber, F. (2007). The Influence of Price Fairness on Customer Satisfaction: An Empirical Test on The Context of Automobile Purchases. Journal of Product & Brand Management, 16(1), 49-58.
Izogo, E. E., & Ogba, I. E. (2015). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty in Automobile Repair Services Sector. International Journal of Quality & Reliability Management, 32(3), 250-269., 32(3), 250–269.
Juliana, J. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Service Quality Dan Price Terhadap Customer Satisfaction. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9).
Juliana, J., Pramezwary, A., Djakasaputra, A., Halim, T., & Meilivia, T. (2021). Congruity Studi Empirikal Kualitas Layanan dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Collage All Day Dining Restaurant. Jema Adpertisi Journal, 1(2), 1-10.
Juliana, J., Stella, B., Austine, C. V., Budiono, E. D., & Klarissa, K. (2021). Antecedents on Customer Satisfaction Tuku Coffee Shop: A Perspective Expectation-Confirmation Theory and Kano's Model. International Journal of Social, Policy and Law, 2(3), 1-11.
Nurcahyo, R., Fitriyani, A., & Hudda, I. N. (2017). The influence of facility and service quality towards customer satisfaction and its impact on customer loyalty in Borobudur Hotel in Jakarta. Binus Business Review, 8(1), 23-29.
Pramezwary, A., Lestari, B. V., & Angriawan, J. (2021). Kajian Empiris Fast Food Service Quality Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle, 2(1), 1-12.
Pramezwary, A., Tanzil, S. T., Angelina, V., & Putro, W. W. W. (2021). Analisis Kualitas Layanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Mcdonald’s Selama Covid-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 275-288.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. In Nucleic Acids Research.
Solomon, M. R. (2020). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. London: Pearson Education.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: McGraw-Hill Education.