PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DI STIE PUTRA BANGSA KEBUMEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Stie Putra Bangsa Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil analisis yang telah dilakukan dapat membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Hal ini bisa dilihat dari perolehan nilai signifikansi Variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap variabel pemahaman akuntansi (Y) mempunyai nilai t hitung 2,683> t tabel1.990 dengan tingkat signifikan 0,009 < dari nilai α = 0,05, yang berarti kecerdasan emosional (X1) berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi (Y).
Variabel kecerdasan spiritual (X2) terhadap variabel pemahaman akuntansi (Y) mempunyai nilai t hitung 1,510> t tabel1.990 dengan tingkat signifikan 0,135 lebih besar dari α = 0,05 yang berarti kecerdasan spiritual (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi (Y).
Variabel kecerdasan intelektual (X3) terhadap pemahaman akuntansi (Y) mempunyai nilai t hitung 1,477 > t tabel 1.990 dengan tingkat signifikan 0,143 lebih besar dari α = 0,05 yang berarti kecerdasan intelektual (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi (Y).
Variabel perilaku belajar (X4) terhadap variabel pemahaman akuntansi (Y) mempunyai nilai t hitung 2,259 > t tabel1.990 dengan tingkat signifikan 0,026 < dari nilai α = 0,05, yang berarti perilaku belajar (X4) berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi (Y).
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dan f hitung sebesar 21,430 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2), kecerdasan intelektual (X3) dan perilaku belajar (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap variabel pemahaman akuntansi (Y).