Online Visual Merchandising dari Aplikasi Shopee: Sebuah Persepsi Pengguna
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meambahkan variabel online visual merchandising ke dalam Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) dan menguji apakah pengguna aplikasi Shopee bersedia untuk menggunakan kembali aplikasi tersebut. Dengan demikian, penelitian ini menentukan hubungan kausal struktural antara online visual merchandising, dan enam konstruk Technology Acceptance Model (TAM). Sebanyak 100 responden yang berdomisili di Kota Denpasar dan telah menggunakan aplikasi Shopee menanggapi kuesioner tersebut. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diuji menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasilnya mengungkapkan bahwa Online Visual Merchandising (OVM) memberikan efek yang positif terhadap Perceived Usefulness (PU); Online Visual Merchandising (OVM) dan Perceived Ease of Use (PEOU) secara positif mempengaruhi Perceived Usefulness (PU); Perceived Usefulness (PU) secara positif mempengaruhi Attitude Toward Using (ATU) dan Behavioral Intention to Use (BITU); Perceived Ease of use (PEOU) memberikan pengaruh yang paling signifikan terhadap Attitude Toward Using (ATU); Attitude Toward Using (ATU) memberikan efek yang positif terhadap Behavioral Intention to Use (BITU), dan Behavioral Intention to Use (BITU) memberikan efek positif terhadap Actual System Use (ASU). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online visual merchandising memiliki pengaruh penting terhadap penggunaan aplikasi Shopee dan juga mempengaruhi penggunaan kembali aplikasi Shopee oleh pengguna.
Downloads
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ajibade, P. (2018). Technology Acceptance Model Limitations And Criticisms: Exploring The Practical Applications and Use in Technology-Related Studies, Mixed-Method, and Qualitative Researches. Library Philosophy and Practice.
Alreck, P. L., & Settle, R. B. (2007). Consumer reactions to online behavioural tracking and targeting. Journal of Database Marketing & Customer Strategy Management, 15(1), 11-23.
Amelia, E. (2019) Analisis Perilaku Minat Menggunakan Mobile Payment dengan Pendekatan Technology Acceptance Model 3 (Studi pada Pengguna Aplikasi Pembayaran OVO), Universitas Pendidikan Indonesia.
Cho, V., Cheng, T. E., & Lai, W. J. (2009). The Role Of Perceived User-Interface Design in Continued Usage Intention of Self-Paced E-Learning Tools. Computers & Education, 53(2), 216-227.
Hefer, Y., & Nell, E. C. (2015). Visual merchandising displays: the fashion retailer’s competitive edge?. Journal of Governance and Regulation, 4(4), 408-411.
Joo, Y. J., Lee, H. W., & Ham, Y. (2014). Integrating user interface and personal innovativeness into the TAM for mobile learning in Cyber University. Journal of Computing in Higher Education, 26(2), 143-158.
Kurnia, L. (2019) Penetrasi internet di Bali paling tinggi, Beritagar.id. Available at: https://beritagar.id/artikel/berita/penetrasi-internet-di-bali-paling-tinggi.
Ma, Q., & Liu, L. (2004). The technology acceptance model: A meta-analysis of empirical findings. Journal of Organizational and End User Computing (JOEUC), 16(1), 59-72.
Muqoddas, A., Yogananti, A. F., & Bastian, H. (2020). Usability User Interface Desain pada Aplikasi Ecommerce (Studi Komparasi Terhadap Pengalaman Pengguna Shopee, Lazada, dan Tokopedia). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(01), 73-82.
Rafsandjani, R. F. (2018). Analyzing the effect of trust and perceived value on purchase intention (case study of Shopee). MEC-J (Management and Economics Journal), 2(1), 65-78.
Saini, C., Gupta, R., & Khurana, I. (2015). Visual merchandising and impulse buying behavior: A case of retail industry. International Journal of Advance Research in Science And Engineering IJARSE, 4(2), 4(2), 621-627.
Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories. Procedia manufacturing, 22, 960-967.
Taylor, D. G., & Strutton, D. (2010). Has e-marketing come of age? Modeling historical influences on post-adoption era Internet consumer behaviors. Journal of business research, 63(9-10), 950-956.
Tira, A. C. D. H., Wardana, I. M., & Setiawan, P. Y. (2016). Aplikasi Model TAM Pada Penggunaan E-Newspaper Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(6), 1485-1512.
Widyarini, L. A. (2017). Analisis Niat Perilaku Menggunakan Internet Banking di Kalangan Pengguna Internet di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen & Akuntansi, 5(1).
Wu, W. Y., Lee, C. L., Fu, C. S., & Wang, H. C. (2014). How can online store layout design and atmosphere influence consumer shopping intention on a website?. International Journal of Retail & Distribution Management, 42(1), 4–24.