ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

  • Parmin Parmin

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara daya tarik iklan, kualitas produk, dan citra merek terhadap minat beli konsumen Teh Celup SariWangi di Kecamatan Adimulyo. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh daya tarik iklan, kualitas produk, dan citra merek terhadap minat beli konsumen Teh Celup SariWangi di Kecamatan Adimulyo. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan yang dinyatakan sebagai X_1, kualitas produk yang dinyatakan sebagai X_2, citra merek yang dinyatakan sebagai X_3, serta minat beli yang dinyatakan sebagai Y. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Sebelum dianalisis data yang diperoleh diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang meliputi multikolinieritas, heterokedastisitas, dan normalitas. Berdasarkan data yang diperoleh menggunakan responden sebanyak 100 orang yang seluruhnya masarakat di Kecamatan Adimulyo. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi berganda yang menunjukkan bahwa dengan adanya daya tarik iklan, kualitas produk dan citra merek maka minat beli mengalami peningkatan. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produkberpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Daya tarik iklan dan citra merek berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil analisis juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,200.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianka M. 2012. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi Sarjana (Tidak Dipublikasikan). Depok : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI

Aji N.R, Handoyo D.W, Widayanto. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revoâ€.Diponegoro Journal Of Social And Politic hal 1-8

Bambang P. 2010. Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek. Tesis. Semarang : Program Studi Magister Manajemen UNDIP

Basrah S. & Samsul A. 2012.“Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market†. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Chrisdiawan S. N. 2010. Analisis Pengaruh Pencitraan, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kuliah Di Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Skripsi Sarjana (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP

Dheany A. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) Merek Aqua. Skripsi Sarjana (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP

E. Desiarista dan Sri R.T. 2011. “Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumenâ€. Aset, Vol. 13 No. 1 hal. 37-45

Faela S & Bambang M. 2012. “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedapâ€. Diponegoro Journal Of Management, Volume 1 , Nomor 1 , Tahun 2012, Halaman 226-233

Farida I. & Dini H. 2009. “Studi Mengenai Efektifitas Iklan Terhadap Citra Merek Maskapai Garuda Indonesiaâ€. JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA Volume VIII, No. 1, Mei 2009, halaman 83 – 106

Ghozali, Imam.2009. Aplikasi Multivariate denganMenggunakan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2013. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21,Cetakan VII. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip. 1988.Manajemen Pemasaran.Edisi keenam.Jilid 2.Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip.2002.Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium.Buku ke 2. Jakarta : Prenhallindo

Kotler, Philip &Kevin Lane Keller.2007.Manajemen Pemasaran 2. Jakarta : Indeks

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani.2008.Manajemen pemasaran Jasa.Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Lusia O. 2014. Analisis Pengarudh Brand Image (Citra Merek), Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan Supermi. Skripsi Sarjana. Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP

Marchelyno S., Silvya L.M, & Rotinsulu J.J. 2014. “Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manadoâ€. Jurnal EMBA, Vol.2 No.1 Hal. 313-324

Mohammad R. & Fajar A. 2011. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangganâ€. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 2 No. 1

Nela K. & Nanang W. 2012. “Pengaruh Persepsi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Merek Isuzu Elf Studi Pada PT. Karya Zirang Utama Isuzusemarangâ€. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol 3 Nomor 1

Nila K.D., Gus A., & Sepris Y. 2012.“Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan KonsumenTerhadap Loyalitas Konsumen Dalam MenggunakanVaseline Hand And Body Lotion Di Kota Padangâ€. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2.

Rizky A.B. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia.Skripsi Sarjana (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP

Rizky A.P. 2014.Analisis Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Nokia Lumia. Skripsi Sarjana (Tidak Dipublikasikan). Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP

Santoso, Singgih. & F. Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komutindo

Septi, C. H. 2012. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha. Skripsi Sarjana (Tidak Dupublikasikan). Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP

Simamora, Bilson. 2004.Riset Pemasaran. Jakarta: GramediaPustakaUtama

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wijaya, Tony.2011.Manajemen Kualitas Jasa. Indeks : Jakarta

https://chadkrenz.wordpress.com/2009/05/26/4/(diakses tanggal 15 Januari 2015 pukul 8.24)

http://www.sustainabletea.org/companydetail.php?idc=5 (diakses tanggal 6 Juli 2015 pukul 16.00)

http://www.unilever.co.id/id/brands-in-action/detail/Sariwangi/325427/ (diakses

tanggal 6 Juli 2015 pukul 16.00)

https://www.mari-bicara.com/artikel/detail/sejarah-dan-manfaat-teh-celup-sariwangi (diakses tanggal 6 Juli 2015 pukul 16.00)

How to Cite
Parmin, P. (1). ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1). https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i1.60
Section
Articles