PERSEPSI MASYARAKAT UNTUK MEMILIH DAN TIDAK MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI KOTA PALOPO)
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Namun hal ini tidak membuat bank-bank syariah menjadi bank yang besar karena minat dan pengetahuan masyarakat yang masih kurang. Hal ini disebabkan perkembangan sektor perbankan tidak terlepas dari perilaku nasabah dalam menentukan pilihannya, apakah akan menggunakan jasa perbankan syariah atau jasa perbankan konvensional. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat di Kota Palopo untuk memilih bank syariah. Faktor-faktor tersebut antara lain religiusitas, pengetahuan, tingkat bagi hasil, fasilitas dan layanan dan lokasi bank syariah.Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi masyarakat dan nasabah terhadap bank syariah di Kota Palopo. Teknik pengumpulan data didapat melalui kuesioner. Hasil analisis deskripsi yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa faktor penentu masyarakat muslim untuk memilih bank syariah adalah religiusitas dan pemahaman. Sedangkan pelayanan dan fasilitas tidak mempengaruhi keputusan masyarakat dalam arti bahwa aspek ini kurang mendukung responden untuk menjadinasabah atau memilih bank syariah.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, A. 1993, “Ensiklopedia, Ekonomi, Keuangan, Perdaganganâ€, PradyaParamita, Jakarta.
Antonio, Muhammad. 2001, “Bank Syariah dari Teori ke Praktikâ€, Gema Insani Press, Jakarta.
Capra, Umer M. 2000, “Sistem Moneter Islam†Edisi terjemahan, Gema InsaniPress dan Tazkia Cendekia. Jakarta.
Choir, 2010, “Pertumbuhan Perbankan Syariah di Yogyakarta LampauiPerbankan Konvensionalâ€. Artikel. Zonaekis.com
Hafees and Ahmed. 2008, “An Emirical Analysis of the Determinans of Bank Selection in Pakistan A Customer Viewâ€, Pakistan Economic and Social Review, Volume 46,No.2,pp.147-160
Kotler dan Amstong. 2001, “Prinsip-Prinsip Pemasaran†Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 1997, “Manajemen Pemasaranâ€, Indeks, Jakarta.
Misanam dan Liana.2007, “Bunga Bank, Bagi Hasil, dan Relijiusitas: Suatu Investigasi Loyalitas Nasabah Terhadap Perbankan Syariahâ€, JurnalSinergi Kajian Bisnis dan Manajemen Vol. 9, No.1, Hal. 69-86
Muflih, Muhammad M.A. 2006. “Perilaku Konsumen dalam Perspektif IlmuEkonomiâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mowen, C. J. dan Michael Minor. 2002, “Perilaku Konsumenâ€, Erlangga, Jakarta.
Nurgiyantoro Burhan, dkk. 2001, “Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmuSosialâ€, Gadjah Mada University Press, Jogjakarta.
Putra. 2009, “Definisi, Fungsi dan Peranan Bank Umum dalam Perekonomianâ€,Diambil 23 Pebruari 2015
Priantina, Anita, 2012, “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesiaâ€. Artikel. Detik.com.
Rais. 2008, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Untuk TidakMenggunakan Bank Syariah: Studi di STIE Pengembangan Bisnis danManajemenâ€, Jurnal Pengembangan Bisnis dan Manajemen, Volume VIII, No. 12
Schiffman dan Kanuk. 2004, “Perilaku Konsumen†Edisi 7, Indeks, Jakarta.
Seputro, Bijak. 2013. “Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesiaâ€. Artikel. Detik.com.
Subiyakto, Haryono dan Algifari, 2011, “Praktikum Statistika Dengan MS Exceldan SPSSâ€. STIE YKPN, Yogyakarta.
Sudarsono, Heri. 2008, “Bank dan Llemabaga Keuangan Syariahâ€: Edisi 3,Ekonisia, Yogyakarta.
Sugiyono. 2004. “Metode Penelitian Bisnisâ€. CV Alfabeta, Bandung.
Sukiadi, Tjuk K. 2013. “Peluang dan Kendala Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesiaâ€. Artikel Eonomi Syariah.
Suprapto, J. 2001, “Statistik; Teori dan Aplikasiâ€, Jilid 2, edisi keenam. Jakarta, Erlangga.
Suryanto, 2013. “Persentase Jumlah Umat Islam Berbagai Daerah DiIndonesiaâ€. Artikel Info Islami. Begawanariyanta.wordpress.com.
Suslamanto, Dwi. 2013. “Pertumbuhan Perbankan Syariah di Yogya Lampaui Perbankan Konvensionalâ€. Artikel Zona Ekonomi Islam.
Teguh, Muhammad. 2001, “Metodologi Penelitian Ekonomi : Teori danAplikasiâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wijaya, Alfi. 2009, “Segmentasi dan Perilaku Konsumen pada Perbankan Syariah di Yogyakartaâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Hal 143-165.