ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI1 AMBALDENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengukur secara langsung pengaruh dari
kepemimpinan transformasional kepala sekolah, self efficacy terhadap kinerja guru
dan mengukur secara tidak langsung pengaruh dari kepemimpinan transformasional
kepala sekolah, self efficacy terhadap kinerja guru dengan melalui kepuasan kerja
sebagai variabel intervening. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja
guru adalah self efficacy.
Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMP Negeri 1 Ambal Kabupaten
Kebumen yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode sampling jenuh. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan
program statistik SPSS 18 dan smartPLS 2.0.
Hasil analisis penelitian telah menunnjukkan bahwa adanya pengaruh yang
kuat antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan
kerja, adanya pengaruh sangat positif dan signifikan self efficacy terhadap kepuasan
kerja, tidak adanya pengaruh signifikan dari kepemimpinan transformasional
kepala sekolah terhadap kinerja adanya pengaruh yang signifikan dari self efficacy
terhadap kinerja guru, dari hasil analisis kepuasan kerja terhadap kinerja guru
diketahui bahwa kepuasan kerja tidak pengaruh signifikan terhadap kinerja guru.
Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung pengaruh antara kepemimpinan
transformasional kepala sekolah (XI) terhadap kinerja guru 1 dengan variabel
intervening kepuasan kerja (Y1) bahwa dengan adanya variabel vuasan kerja (Y1)
sebagai variabel intervening tidak dapat meningkatkan efek pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah (XI) terhadap kinerja guru (Y2)
dibangkan pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah (XI)
terhadap kinerja guru (Y2). Untuk pengaruh tidak langsung pengaruh antara self
efficacy (X2) terhadap kinerja guru (Y2) dengan variabel intervening kepuasan
kerja (Y1) Bahwa dengan adanya variabel kepuasan kerja (Y1) sebagai variabel
intervening tidak dapat meningkatkan efek pengaruh self efficacy (X2) terhadap
kinerja guru (Y2) dibandingkan pengaruh langsung self efficacy (X2) terhadap
kinerja guru (Y2).
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Self Efficacy,
Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru.