PENGARUH BUDAYA KERJA, DISIPLIN, IKLIM ORGANISASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN SERETARIAT DAERAH KABUPATEN KEBUMEN

  • Indah Rohyani

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Budaya Kerja, Disiplin, Iklim Organisasi dengan Motivasi sebagai variabel Intervening terhadap Kinerja  Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen.

Responden pada penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen dengan jumlah 31 orang. Penelitian ini mengggunakan metode analisis deskriptif dan statistika dengan bantuan program SPSS 22.00. Dalam metode statistika, dilakukan uji validitas, reliabilitas, pengujian asumsi klasik dan analisis jalur serta uji t maupun uji F.

Pengujian hipotesis pada persamaan I menunjukkan bahwa variabel budaya kerja, disiplin, dan iklim organisasi berpengaruh secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/serempak terhadap motivasi pegawai di Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen. Pengujian hipotesis pada persamaan II juga menunjukkan bahwa variabel budaya kerja, disiplin, iklim organisasi terhadap kinerja melalui variabel motivasi tergantung bagaimana pengaruh variabel motivasi terhadap variabel kinerja. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya kerja berpengaruh terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel intervening, yang berarti diperlukannya peningkatan motivasi yang lebih baik dan peningkatan disiplin pegawai supaya kinerja pegawai Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen menjadi lebih baik.

Kata Kunci :   Budaya kerja, disiplin, iklim organisasi, motivasi, kinerja, analisis jalur

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-27
How to Cite
Rohyani, I. (2018). PENGARUH BUDAYA KERJA, DISIPLIN, IKLIM ORGANISASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN SERETARIAT DAERAH KABUPATEN KEBUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2), 68-89. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v14i2.172
Section
Articles