KEMAMPUAN MEDIA SOSIAL MENGHASILKAN MINAT BERKUNJUNG PADA DESTINASI BARU DI KEBUMEN

  • Sigit Wibawanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan media sosial untuk
menghasilkan minat terhadap destinasi wisata baru. Metode dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif yang akan menganalisis perilaku informan penelitian
yang memiliki akun media sosial untuk minat berkunjung yang diperolehnya dari
media sosial. Informan pada penelitian ini adalah 68 orang yang merupakan
mahasiswa STIE Putra Bangsa. Cerita orang lain yang menjadi pengalaman
berkunjung diceritakan dalam media sosial yang dipilihnya baik melalui facebook,
whatsapp, instagram, maupun BBM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa,
sebagian besar informan memiliki kepeminatan yang tinggi terhadap tempat
tujuan destinasi baru yang berupa pantai, pegunungan, waduk, maupun ruang
publik. Informan juga memiliki kepeminatan tinggi untuk merealisasikan minat
berkunjungnya terhadap informasi yang diterimanya. Hasil penelitian ini disajikan
dan diharapkan dapat digunakan pemangku kepentingan untuk mengembangkan
kebijakan pariwisata yang ada di kabupaten Kebumen. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah bahwa media sosial menjadi media yang mampu
membangkitkan minat informan dan menjadi pilihan untuk membagikan cerita
dan pengalaman yang diperoleh seseorang setelah melakukan kunjungan.
Kata Kunci: media sosial, minat berkunjung, penelitian deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-18
How to Cite
Wibawanto, S. (2017). KEMAMPUAN MEDIA SOSIAL MENGHASILKAN MINAT BERKUNJUNG PADA DESTINASI BARU DI KEBUMEN. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1-11. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v15i2.152
Section
Articles