http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/issue/feed Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 2020-04-30T11:05:19+07:00 Harini Abrilia Setyawati harini.abrilia.setyawati@gmail.com Open Journal Systems <p>JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by P4M STIE Putra Bangsa Kebumen. The aim of&nbsp; JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier for lecturers to publish their writings, both those that are the result of field research and writings that cause empiricism.</p> http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/456 Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non-Fisik Terhadap Turnover Intention dengan Job Satisfaction sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Etik Fikria Zulfa etikfikriazulfa1@gmail.com Siti Nur Azizah sitinuraziz@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat <em>turnover intention</em> pegawai Non PNS UPTD Puskesmas Alian Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Non PNS UPTD Puskesmas Alian Kebumen yang berjumlah 34 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga jumlah seluruh populasi digunakan untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validtas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis jalur, uji hipotesis, uji sobel dan analisis korelasi. Alat bantu pengolahan data menggunakan SPSS 23.0&nbsp; for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>job satisfaction</em>. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>job satisfaction</em>. Kompensasi tidak berpengaruh langsung terhadap <em>turnover intention</em>. Lingkungan kerja non fisik tidak berpengaruh langsung terhadap <em>turnover intention</em>. Kepuasan kerja tidak berpengaruh langsung terhadap <em>turnover intention</em>. <em>Job satisfaction</em> dapat memediasi pengaruh kompensasi terhadap <em>turnover intention </em>berdasarkan analisis jalur. Job<em> satisfaction</em> dapat memediasi pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap <em>turnover intention </em>berdasarkan analisis jalur.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/457 Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee 2020-04-30T11:05:19+07:00 Reni Suci Wahyuni renisuciwahyuni97@gmail.com Harini Abrilia Setyawati harini.abrilia.setyawati@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>Sales</em> <em>Promotion</em><em>,</em><em> Hedonic Shopping Motivation</em> dan <em>Shopping Lifestyle</em> &nbsp;terhadap <em>Impulse Buying </em>pada <em>e-commerce</em> Shopee sehingga nantinya dapat menjadi referensi dalam dunia <em>e-commerce</em></p> <p>Penelitian dilakukan di Kebumen dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi <em>Sales</em> <em>Promotion</em><em>,</em><em> Hedonic Shopping Motivation</em> dan <em>Shopping Lifestyle</em> sebagai variabel independen atau variabel bebas dan <em>Impulse Buying</em> sebagai variabel dependen atau variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer<em>,</em> diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan bantuan kuisioner. Metode pengambilan sampel menggunakan dengan Tehnik <em>non probability sampling </em>yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tehnik <em>purposive sampling</em> yaitu teknik untuk menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu.</p> <p>Metode&nbsp; analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, tahap analisa menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis. Dengan bantuan program SPSS 25 <em>for windows</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel <em>Sales promotion, Hedonic Shopping Motivation </em>dan <em>Shopping Lifestyle </em>&nbsp;mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap <em>Impulse Buying </em>pada <em>e-commerce</em> Shopee baik secara parsial atau simultan</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/458 Pengaruh Psychological Capital Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Atiko Lusiyani atikolusiy19@gmail.com Irfan Helmy vansmedia@gmail.com <p><em>This study aims to examine the effect of the Effect of Psychological Capital on Employee Performance with Organizational Commitment as an Intervening Variable (Study of PDAB Tirta Utama Central Java Employees). The population in this study were all employees of PDAB Tirta Utama, Central Java and the sampling technique was done through the saturated sample method with a total of 75 employees. Data collection techniques by distributing questionnaires. Analysis of the data used is the test instrument validity and reliability, test the coefficient of determination, hypothesis, and causal step analysis. Data processing aids using SmartPLS 3.0. The results of this study indicate that: (1) Optimism has no effect on Employee Performance, (2) Hope has a positive and significant effect on Employee Performance, (3) Resiliency has a positive and significant effect on Employee Performance, (4) Self efficacy has a positive and significant effect on Employee Performance, (5) Optimism does not affect employee performance but affects organizational commitment as mediation, (6) Hope affects employee performance but does not affect organizational commitment as mediation (7) Resiliency has a positive and significant effect on Employee Performance through Organizational Commitment , (8) Self efficacy has a positive and significant effect on Employee Performance through Organizational Commitment, (9) Organizational Commitment has a positive and significant effect on Employee Performance. </em></p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/459 Pengaruh Brand Awareness dan Brand Association Terhadap Brand Equity dengan Brand Loyalty sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Syukron Nawawi nawawisyukron3@gmail.com Sulis Riptiono sulis.riptiono@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>brand awareness</em> dan <em>brand association</em> terhadap <em>brand equity</em> melalui <em>brand loyalty</em> pada konsumen Le Minerale di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dengan menggunakan Skala <em>Likert</em> 4. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden&nbsp; pada konsumen Le Minerale. Hipotesis diuji menggunakan program SPSS 25.00 <em>for windows</em>. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa <em>brand awareness</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>brand loyalty</em>. <em>Brand association</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>brand loyalty</em>. <em>Brand awareness</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>brand equity. Brand association </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>brand equity. Brand loyalty </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>brand equity. Brand awareness</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>brand equity </em>melalui <em>brand loyalty. Brand association </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>brand equity</em> melalui <em>brand loyalty.</em></p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/461 Pengaruh NPM, EPS, DER dan PBV Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Terdaftar IDX HIDIV20 Dengan DPR sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Asih Puji Lestari lestariasih92@gmail.com Aris Susetyo arisputrabangsa75@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share, Debt Equity Ratio dan Price Book Value Terhadap Harga Saham Melalui Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar pada Indeks High Dividend 20 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 18 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pembuktian hipotesis terhadap DPR menunjukkan bahwa variabel EPS dan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel DPR, variabel NPM dan PBV berpengaruh&nbsp; signifikan terhadap DPR. Hasil pembuktian hipotesis terhadap Harga Saham menunjukkan bahwa variabel NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, variabel EPS, PBV, DER, dan DPR berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hasil analisis dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa variabel NPM tidak memiliki hubungan langsung terhadap Harga Saham melainkan harus melalui variabel DPR. Variabel EPS tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap Harga Saham melalui variabel DPR. Variabel DER&nbsp; tidak memiliki hubungan langsung terhadap Harga Saham melainkan harus melalui variabel DPR. Variabel PBV tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap Harga Saham melalui variabel DPR. Berdasarkan nilai R2 menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel terhadap variabel DPR sebesar 20.2% dan sisanya sebesar 79.80% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model, nilai R2 antar variabel terhadap variabel Harga Saham sebesar 80.3% dan sisanya sebesar 19.70% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.&nbsp;</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/463 Pengaruh Person-Organization Fit, Job Embeddedness dan Religiusitas Terhadap Komitmen Organisasional dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Lindah Puspita Sari lindahpuspita1@gmail.com Irfan Helmy vansmedia@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat komitmen organisasional guru pada Lembaga Pendidikan Yayasan Al Kahfi Somalangu Kebumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>non probability sampling</em> dengan <em>purposive sampling</em>, dengan kriteria guru yang memiliki masa kerja ? 5 tahun dan minimal pendidikan S1 yang berjumlah 47 guru. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, hipotesis dan analisis jalur dengan menggunakan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa P-O Fit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional, job embeddedness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja tetapi tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Kepuasan kerja dapat memediasi hubungan antara P-O Fit dengan komitmen organisasional secara parsial, tetapi kepuasan kerja tidak dapat memediasi hubungan antara job embeddedness dengan komitmen organisasional. Selanjutnya, kepuasan kerja dapat memediasi hubungan antara religiusitas dengan komitmen organisasional secara sempurna.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/464 Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing pada Saat Initial Public Offering 2020-04-30T11:05:19+07:00 Diana Yuniarti dianayuniarti37@gmail.com Akhmad Syarifudin akhmadsyarifudin89@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>leverage</em>, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap tingkat <em>underpricing</em> saat <em>Initial Public Offering</em> (IPO) pada perusahan <em>go public</em> pada tahun 2015-2018. Pada penelitian ini <em>underpricing</em> diukur dengan menggunakan <em>initial return </em>(IR) perusahaan yaitu harga tutup dikurangi harga IPO dibagi dengan harga IPO. Sampel pada penelitian ini terdiri dari perusahaan yang melakukan <em>go public</em> periode 2016-2018 yang berjumlah 88 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode <em>nonprobability sampling</em>, yaitu teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa<em> leverage </em>tidak berpengaruh terhadap tingkat <em>underpricing, </em>profitablitas berpengaruh terhadap tingkat <em>underpricing </em>dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tingkat <em>underpricing</em>.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/465 Pengaruh ROE, TVA, dan DER Terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan dengan PBV sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Tri Wahyuningsih wahyuningsihtri05@gmail.com Aris Susetyo arisputrabangsa75@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Return On Equity</em> (ROE),<em> Trading Volume Activity</em> (TVA), dan <em>Debt To Equity Ratio</em> (DER) terhadap <em>Return</em> Saham melalui <em>Price Book Value </em>(PBV) sebagai variabel <em>intervening</em> pada perusahaan perbankan yang terdaftar di LQ45 periode 2016-2019. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang terdaftar di LQ45 periode 2016-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive</em> <em>sampling</em> dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 5 perusahaan perbankan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder triwulan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur dibantu dengan SPSS versi 22. Hasil pembuktian hipotesis terhadap PBV menunjukkan bahwa ROE dan DER memiliki pengaruh signifikan terhadap PBV sedangkan TVA tidak memiliki pengaruh terhadap PBV. Hasil pembuktian hipotesis terhadap <em>Return</em> Saham menunjukkan bahwa ROE dan DER memiliki pengaruh signifikan terhadap <em>Return </em>Saham sedangkan TVA dan PBV tidak memiliki pengaruh terhadap <em>Return</em> Saham. Hasil analisis menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa ROE, dan DER tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap <em>Return</em> Saham melalui PBV. Sedangkan TVA terdapat pengaruh tidak langsung terhadap <em>Return</em> Saham melalui PBV. Berdasarkan nilai R<sup>2</sup> menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel pada model pertama sebesar 46,9% sisanya sebesar 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dan pada model kedua sebesar 19,7% sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh variabel diluar model.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/468 Analisis Pengaruh Online Consumer Review, Warranty Product dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen 2020-04-30T11:05:19+07:00 Rezana Agustyan ezaagustyan@gmail.com Muhammad Baehaqi baehaqiemuhammad@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>online consumer review</em>, <em>warranty product</em> dan <em>brand trust</em> terhadap <em>purchase decision</em> pada konsumen<em> smartphone </em>Xiaomi di Kabupaten Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah <em>online consumer review</em>, <em>warranty product</em> dan <em>brand trust</em>, sedangkan variabel terikatnya adalah <em>purchase decision</em>. Teknik dalam pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan metode <em>purposive sampling</em>, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hipotesis diuji dengan bantuan progam <em>SPSS </em>23.00 <em>for windows.</em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai <em>Adjusted R2 </em>sebesar 0,554 artinya 55,4% variabel <em>purchase decision </em>dapat dipengaruhi oleh <em>online consumer review, warranty </em>dan <em>brand trust </em>dan 44,6% dipengaruhi variabel lain di luar model. Berdasarkan hasil analisis jalur dan uji t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingginya <em>purchase decision </em>dipengaruhi oleh <em>online consumer review, warranty product dan brand trust.</em></p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/473 Pengaruh Nilai Utilitarian, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian 2020-04-30T11:05:19+07:00 Chabib Laela Anwar chabiblaela95@gmail.com Dewi Noor Susanti dewinoor2981@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Nilai Utilitarian<em>, Brand Image, </em>dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk <em>Smartphone </em>Xiaomi di Kabupaten Kebumen). Responden pada penelitian ini adalah konsumen <em>Smartphone </em>Xiaomi di Kabupaten Kebumen yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistika dengan bantuan program spss 22. Dalam metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, pengujian asumsi klasik, dan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis pada variabel Nilai Utilitarian tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, variabel <em>Brand Image</em> Berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variable Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Pengujian secara bersama-sama variabel Nilai Utilitarian<em>, Brand Image, </em>dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk <em>Smartphone </em>Xiaomi di Kabupaten Kebumen).</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/474 Pengaruh Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Zakiyatun Fajariyah zakya.fajrya@gmail.com Aris Susetyo arisputrabangsa75@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Profitability Ratio</em>, <em>Liquidity Ratio</em>, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan melalui Struktur Modal sebagai variabel <em>intervening</em> pada perusahaan perbankan periode 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang melaporkan laporan keuangan selama periode 2015-2018 secara berturut-turut. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive</em> <em>sampling</em> dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan perbankan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder tahunan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur dibantu dengan SPSS versi 22. Hasil pembuktian hipotesis terhadap nilai perusahaan menunjukkan bahwa <em>profitability ratio</em> memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, <em>liquidity ratio</em> dan pertumbuhan perusahaan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pembuktian hipotesis terhadap struktur modal menunjukkan bahwa <em>profitability ratio</em> tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal, bahwa <em>liquidity ratio</em> tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hasil analisis menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa <em>profitability ratio</em> tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal, <em>liquidity ratio</em> terdapat pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal sedangkan pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal. Berdasarkan nilai R<sup>2</sup> menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel pada model pertama sebesar 1,6% sisanya sebesar 98,.4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dan pada model kedua sebesar 2,2 %sisanya sebesar 97,8% dipengaruhi oleh variabel diluar model.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/475 Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Lutfi Anggraeni lutfianggraeni02@gmail.com Irfan Helmy vansmedia@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhKompetensi dan Independensi terhadap Kinerja Pegawai melalui Komitmen Organisasi sebagai variabel <em>intervening. </em>Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 43 pegawai PNS Kantor Inspektorat Kabupaten Kebumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis statistika, analisis jalur, uji hipotesis, analisis korelasi dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi, 2) Independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi, 3) Kompetensi berpengaruh positif dan signifiikan terhadap Kinerja Pegawai, 4) Independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai, 5) Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, 6) Komitmen Organisasi mampu memediasi Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai, 7) Komitmen Organisasi memperkuat pengaruh Kompetensi dan Kinerja Pegawai. Berdasarkan nilai <em>Adjusted R Square</em> menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel pada model pertama sebesar 35 % sisanya sebesar 65 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dan pada model kedua sebesar 72,2 % sisanya sebesar 27,8 % dipengaruhi oleh variabel diluar model.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/477 Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Nofiyanti Nofiyanti nofiyanti863@gmail.com Gunarso Wiwoho gunarsowiwoho@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>perceived usefulness</em> dan <em>perceived value </em>terhadap <em>online repurchase intention</em> pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan <em>customer satisfaction </em>sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pengguna Shopee di Kecamatan Kebumen yang pernah melakukan pembelian sebanyak 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu <em>sampling purposive</em>. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 dan data diolah dengan alat bantu <em>SPSS for windows versi 24. </em>Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik (<em>path analysis</em>).</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>perceived usefulness</em>, <em>perceived value</em>, dan <em>customer satisfaction</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>online repurchase intention</em> pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. <em>Perceived usefulness</em> dan <em>perceived value</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>customer satisfaction</em> pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. <em>Perceived usefulness</em> berpengaruh positi dan signifikan terhadap <em>online repurchase intention</em> melalui <em>customer satisfaction</em> pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. <em>Perceived value</em> tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>online repurchase intention</em> melalui <em>customer satisfaction</em> pada Markeplace Shopee di Kecamatan Kebumen.</p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/478 Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek 2020-04-30T11:05:19+07:00 Tifani Lidiya Febri Arta tifani.lidiya@gmail.com Siti Nur Azizah sitinuraziz@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalanisis pengaruh dari <em>perceived usefulness, </em><em>perceived ease of use </em>dan<em> e-service quality</em> terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek di Kecamatan Kebumen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh orang yang telah menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek<em>. </em>Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer, yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan kuesioner. Metode yang digunakan adalah <em>non probability sampling</em> yaitu <em>purposive sampling. </em>Sikap responden diukur dengan skala likert 4 tingkatan dan data yang diperoleh diolah dengan analisis&nbsp; SPSS (<em>Statistical Product and Service Solution</em>) <em>for windows versi 24</em>. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel <em>perceived usefulness</em> terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food<em>, </em><em>perceived ease of use </em>berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food<em>, e-service quality </em>berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food<em>, </em>serta secara bersama-sama<em> perceived usefulness, </em><em>perceived ease of use </em>dan<em> e-service quality</em> berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek<em>.</em></p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/479 Pengaruh Fun at Work dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Melalui Work Engagement sebagai Variabel Intervening 2020-04-30T11:05:19+07:00 Pramita Oktaria Adi Ayu Wardani pramitaoktaria@gmail.com Irfan Helmy vansmedia@gmail.com <p><em>This study aims to determine the effect of fun at work, transformational leadership on work engagement and organizational citizenship behavior in UPT SDA Sempor civil servants. The variables in this study consisted of four types, namely fun at work and transformational leadership as independent variables, organizational citizenship behavior as the dependent variable and work engagement as mediating or intervening variables. The population in this study is UPT SDA Sempor civil servants, amounting to 30 people with saturated sampling techniques so that the total population is used to be sampled. Data collection techniques using a questionnaire, data analysis used was an instrument of validity and reliability, a classic assumption test, hypothesis testing, correlation analysis, multiple tests, and path analysis. Data management tools using SPSS 23.0 for windows. The test results of the coefficient of determination show that the substructural Adjusted R<sup>2</sup> value of 0.668 means that 66.8% of the work engagement variable can be influenced by fun at work and transformational leadership and 33.2% is influenced by other variables outside the model. Meanwhile the substructural Adjusted R<sup>2</sup> value of 0.778 means that 77.8% of the organizational citizenship behavior variable is influenced by fun at work, transformational leadership, and work engagement, and 22.2% is influenced by other variables outside the model. Based on the results of the analysis of path analysis tests, multiple tests and t tests that have been carried out it can be concluded that the high organizational citizenship behavior is influenced by fun at work, transformational leadership, and workengagement. While fun at work and transformational leadership can directly influence organizational citizenship behavior and work engagement can be used as a partial intervening variable.</em></p> 2020-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##