http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/issue/feed Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 2020-10-21T17:09:39+07:00 Harini Abrilia Setyawati harini.abrilia.setyawati@gmail.com Open Journal Systems <p>JIMMBA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi) published by P4M STIE Putra Bangsa Kebumen. The aim of&nbsp; JIMMBA discussion is to disseminate information on scientific work from and for academics that discuss interest in management and accounting. In addition, it is also easier for lecturers to publish their writings, both those that are the result of field research and writings that cause empiricism.</p> http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/638 Pengaruh Mediasi Solvabilitas dalam Hubungan Antara Struktur Modal dan Return on Equity 2020-10-21T14:56:51+07:00 Febri Andrian Lowel Naibaho febrinaibaho99@gmail.com Francis Hutabarat fmhutabarat@unai.edu <p>Penelitian berikut ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable (X) capital structure, dan solvability memiliki pengaruh signifikan atau tidak dengan variable (Y) ROE. Hasil uji signifikan menunjukkan bahwa pada model 1 tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dari Capital Structure terhadap ROE. Hal ini dapat kita lihat dari nilai F-test 1.799 dan nilai significant 0.188 pada ? = 5%. Sedangkan pada model 2, didapati bahwa dengan adanya mediasi Solvability maka didapati pengaruh Capital Structure, Solvability terhadap Return on Equity adalah significant dengan tingkat signifikan 0.000 pada ? = 5% dengan F-test 37.620. Hasil uji signifikan menunjukkan bahwa diantara keempat variable independen maka terlihat bahwa pada model 1 tidak ada pengaruh signifikan pada variable Capital Structure terhadap Return on Equity dengan nilai signifikan 0.188 pada level signifikan 5%. Sedangkan pada model 2, didapati dengan adanya mediasi Solvability, didapati bahwa Capital Structure dan ROE tetap mempunyai pengaruh yang tidak signifikan yaitu 0.486 pada level signifikan 5%. Dan terkait Solvability dan Return on Equity didapati adanya pengaruh yang signifikan dengan level signifikan 0.000 pada level signifikan 5%. Dengan demikian keberadaan Solvability sepenuhnya memediasi pengaruh Capital Structure dan Return on Equity. Sehingga dapat di simpulkan bahwa capital structure tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE, Sedangkan solvability memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/636 Pengaruh Intellectual Capital, LDR, DAR dan TATO Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan 2020-10-21T13:22:45+07:00 Noor Aini ainitwers@gmail.com Ika Neni Kristanti ikanenikristanti@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>intellectual capital</em>, <em>loan to deposit ratio, debt to assets ratio </em>dan <em>total assets turnover</em> terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2016-2018 sebayak 45 perusahaan. Sampel penelitian sebayak 31 perusahaan selama 3 tahun sehingga diperoleh sampel 93 perusahaan dengan metode <em>purposive sampling.</em> Analisis data menggunakan analisis jalur dengan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan <em>intellectual capital</em> berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA), LDR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), DAR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) dan TATO berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA).</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/643 Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Struktur Modal dengan Variabel Mediasi Ukuran Perusahaan 2020-10-21T13:42:56+07:00 Ellen Simbolon simbolonellen15@gmail.com Francis Hutabarat fmhutabarat@unai.edu <p>Adapun tujuan penelitian ini diadakan ialah untuk mengetahui&nbsp; pengaruh&nbsp; Tax Avoidance terhadap Struktur Modal dengan variabel mediasi Ukuran Perusahaan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2019. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Adapun sampel diambil dari perusahaan subsector yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2019 sebayak 15 perusahaan. Analisis statistik data yang diambil yakni deskriptif statistik, koefisien determinasi, regresi analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tax Avoidance dan Struktur Modal tidak berpengaruh signifikan, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal berpengaruh signifikan , dan Tax Avoidance pada Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel mediasi.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/642 Efek Mediasi Pengembalian Ekuitas pada hubungan Antara Penghindaran Pajak dan Nilai Perusahaan: Studi pada Bank yang Terdaftar di Info Bank 15 2020-10-21T14:23:20+07:00 Oktri Veronika Sitanggang oktriveronika17@gmail.com Francis Hutabarat fmhutabarat@unai.edu <p>Menggunakan data dari perusahaan perbankan yang terdaftar Indeks Info Bank 15 pada tahun 2014-2018, penelitian ini melihat dan menemukan Efek Mediasi dari Pengembalian Ekuitas pada hubungan Antara Penghindaran Pajak dan Nilai Perusahaan dari sebuah perusahaan perbankan yang dipengaruhi oleh rasio Pengembalian Modal dan Penghindaran Pajak. 15 perusahaan dipilih untuk menjadi subjek penelitian ini dari indeks Info Bank 15 dengan total 75 sampel. Perusahaan dengan teknik purposive sampling dan penelitian ini dianalisis dengan analisis linier berganda. Nilai Perusahaan tidak secara signifikan dipengaruhi oleh Penghindaran Pajak tetapi itu dipengaruhi secara signifikan oleh rasio Pengembalian Modal yang dihasilkan dari penelitian ini. Kemampuan dampak 4 indikator lebih dekat dengan profitabilitas adalah 11%, dan peremajaan yang tidak diteliti&nbsp; oleh faktor- faktor lain yang telah dipengaruhi</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/669 Analisis Kinerja Anggaran Berkonsep Value for Money 2020-10-21T15:00:42+07:00 M Iqbal Ashari asharr21@gmail.com M Elfan Kaukab elvankaukab82@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh akuntabilitas, transparansi, pengawasan dan pemahaman standar akuntansi pemerintah terhadap kinerja anggaran berkonsep <em>value for money</em> di SKPD Kabupaten Banjarnegara. Pengambilan sampel dilakukan dengan slovin&nbsp; yang berjumlah 125 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%. Hasil perhitungan dengan pengujian parsial (uji t) dimana variabel akuntabilitas tingkat signifikansinya sebesar 0.050, variabel transparansi tingkat signifikansinya sebesar 0.026, variabel pengawasan tingkat signifikansinya sebesar 0.010, variabel pemahaman standar akuntansi pemerintah tingkat signifikansinya sebesar 0.293. Berdasarkan perhitungan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa variabel transparansi dan pengawasan mempunyai pengaruh terhadap kinerja anggaran berkonsep <em>value for money</em> sedangkan variabel Akuntabilitas dan Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja anggaran berkonsep <em>value for money</em>. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya terbatas pada ASN bagian Bagian/Subbagian Perencanaan dan Keuangan, Bendahara SKPD dan Operator Simda di Kabupaten Banjarnegara. Presentase pengaruh akuntabilitas, transparansi, pengawasan, pemahaman SAP, dan kinerja anggaran berkonsep VFM pada ASN Bagian/Subbagian Perencanaan dan Keuangan, Bendahara SKPD&nbsp; dan Operator Simda di Kabupaten Banjarnegara sebesar 13,5%. Sedangkan sisanya sebesar 86,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini. Agenda penelitian mendatang yaitu menambahkan masyarakat sebagai sampel dan menambah variabel-variabel lain yang berhubungan dengan kinerja anggaran berkonsep <em>value for money</em> agar hasil yang diperoleh semakin baik.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/660 Pengaruh Keahlian Auditor dan Independensi terhadap Audit Judgment 2020-10-21T15:51:31+07:00 Elizabeth Sihombing sihombingelizabeth007@gmail.com Valentine Siagian valentine@unai.edu <p>This study aims to empirically test whether the auditor’s expertise and auditor independence affect audit judgment. The selected sample is fifty respondents with technical purposive sampling. We use a quantitative method, where data is obtained from auditors who work in public accounting firms in Jakarta. We use multiple linear regression analysis techniques with the SPSS program. We find that partially, either expertise of auditors and auditor independence has a positive and significant effect on audit judgment. F test has shown that simultaneously auditor expertise and auditor independence have a&nbsp; positive and significant effect on audit judgment.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/606 Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening 2020-10-21T16:22:19+07:00 Rini Susilowati rinisusilowati339@gmail.com Siti Nur Azizah sitinuraziz@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Kinerja Pegawai PNS di Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PNS di Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kebumen yang berjumlah 34 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistika dengan metode <em>non probability sampling</em> dan jenis tekniknya yaitu sampel jenuh. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis korelasi, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan uji reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Keterlibatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Keterlibatan Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja. Kepuasan Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja, Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, serta Komitmen Organisasi dapat memediasi antara Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/608 Pengaruh Self-Efficacy, Kompensasi Finansial, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi 2020-10-21T16:41:22+07:00 Tika Ragil Saputri ragils866@gmail.com Marynta Putri Pratama maryntaputri@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh <em>self-efficacy</em>, kompensasi finansial dan kepuasan kerja terhadap komitmen organiasasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 99 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data untuk penelitian ini diperoleh melalui angket yang telah diisi oleh responden yang sudah ditentukan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa <em>self-efficacy</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Kompensasi finansial berpengeruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organiasasi. Secara simultan <em>self-efficacy</em>, kompensasi finansial dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organiasasi.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/611 Pengaruh Celebrity Image Congruence dan Brand Experience Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening 2020-10-21T16:53:33+07:00 Ayu Wulandari ayulaaw53@gmail.com Sulis Riptiono sulis.riptiono@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>celebrity image congruence </em>dan <em>brand experience </em>terhadap <em>purchase intention </em>melalui <em>brand attitude </em>sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat di Kabupaten Kebumen yang memiliki aplikasi Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data mengunakan analisis jalur dengan progam SPSS 21 dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel <em>celebrity image congruence </em>dan <em>brand experience </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>brand attitude. </em>Selanjutnya <em>celebrity image congruence</em> tidak berpengaruh terhadap <em>purchase intention, </em>sedangkan <em>brand experience</em> dan <em>brand attitude </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase intention</em>. Serta <em>brand attitude </em>dapat memediasi <em>celebrity image congruence </em>dan <em>purchase intention. Brand attitude </em>dapat memediasi <em>brand experience </em>dan <em>purchase intention</em></p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/621 Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group, Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy 2020-10-21T17:09:39+07:00 Dian Ayu Saputri diaan.ayyu789@gmail.com Harini Abrilia Setyawati abrilia_h@yahoo.com <p>enelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari <em>Reference Group</em> <em>(Beauty Vlogger),</em> <em>Lifestyle</em> dan <em>Brand Image</em> terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy pada Mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswi yang telah membeli dan menggunakan lipstik Pixy. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi <em>Reference Group</em> (<em>Beauty Vlogger</em>), <em>Lifestyle</em>, <em>Brand Image</em> sebagai variabel independen atau variabel bebas dan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen atau variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan kuesioner dan diuji dengan teknik analisis statistik uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>non probability sampling </em>dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Sikap responden diukur dengan skala likert dan data yang diperoleh diolah dengan menggunakan alat SPSS <em>for windows </em>versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel <em>Reference Group</em> (<em>Beauty Vlogger</em>), <em>Lifestyle</em> dan <em>Brand Image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik Pixy pada mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen.</p> 2020-10-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##