Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19

Studi pada Guru PNS di SMP Negeri 1 Karangsambung

  • Fitri Handayani Universitas Putra Bangsa
  • Siti Nur Azizah Universitas Putra Bangsa
Keywords: Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada masa pandemi Covid-19. Metode pengambilan sampel yang digunakan di penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu mengambil seluruh jumlah responden sebanyak 36 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji instrument validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0  for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua item pernyataan setiap variabel valid dan reliable. Model penelitian memenuhi kriteria uji asumsi klasik tidak terdapat multikolonieritas, heterokedastisitas, dan memenuhi asumsi normalitas. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel lingkungan kerja non fisik, motivasi dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Hasil uji simultan (Uji F) juga menunjukan bahwa penelitian ini berpengaruh secara bersama-sama dengan nilai F 53.296. Hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 81,8% yang dapat mempengaruhi kinerja guru di SMP Negeri 1 Karangsambung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Aritonang, K. T. 2005. Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru Dan Kinerja Gutu SMP Kristen BPK PENABUR. Jurnal Pendidikan Penabur, 2(4), 50-59.

Darmada, I. K., Dantes, N., & Natajaya, N. (2013). Kontribusi Kompensasi Manajerial Kepala Sekolah, Iklm Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Sekecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi Kelima. Semarang: Bandan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2010). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta: BPFE.

Handoko, T. H.. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Bumi Aksa.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Holan, A., & Marina, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Prabumulih. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 80-90.

Kusmianto. (1997). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A. A. P. (2001). Managemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Mangkunegara, A. A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Natawijaya, R. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Poerwadarminta, W. J. S. (2015). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Santoso, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah dengan SPSS Versi 12. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sugiyono. (2009). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Supeno, I. S., & Miranti, I. (2017). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMP DKI Jakarta. Jurnal Deiksis, 9(1), 90-99.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wursanto. 2009. Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Published
2021-09-08
How to Cite
Handayani, F., & Azizah, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 495-509. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.873