Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Auditor, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Opini Going Concern pada Perusahaan Jasa

  • Jenifer Hutagaol Universitas Advent Indonesia
  • Erli Manurung Universitas Advent Indonesia
Keywords: Opinion Going Concern, Company Size, Auditor’s Quality, Profitability, Liquidity

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, kualitas auditor, profitabilitas dan likuiditas terhadap opini going concern pada perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 sampai 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh sektor perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 417 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 (tiga puluh tiga) perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan analisis data regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas dan likuiditas auditor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penerimaan opini going concern dengan tingkat signifikansi 0,014 dan 0,010. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dan profitabilitas berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap penerimaan opini going concern dengan tingkat signifikansi 0,555 dan 0,431. Dan secara simultan variabel independen seperti ukuran perusahaan, kualitas auditor, profitabilitas, dan likuiditas semuanya berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu opini going concern dengan tingkat signifikansi sebesar 88% dan sisanya sebesar 12% dipengaruhi oleh variabel lain selain penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhityan, O., & Taman, A. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(6).

Aiisiah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Audit, Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kecenderungan Penerimaan Opini Audit Going Concern. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2017). Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintaergrasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Badriyah, H. (2015). Praktis Menyusun Laporan Keuangan. Depok: Vicosta Publishing. Depok.

Barus, D. K. (2016). Pengaruh Kualitas Audit, Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara.

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. (2013). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Rajawali.

Hery. (2013). Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hery. (2016). Auditing dan Asurans: Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2001). Pernyataan Standar Auditing No 30 seksi 341. Jakarta.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2012). Standar Profesi Akuntan Publik SA 700 dan 705. Jakarta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Lie, C., Wardani, R. P., & Pikir, T. W. (2016). Pengaruh likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan rencana manajemen terhadap opini audit going concern (studi empiris perusahaan manufaktur di BEI). Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1(2).

Makien, A. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on assets, Audit Tenure, Audit Lag, dan Proporsi Komisaris Independen Terhadap Opini Going Concern (Studi pada Perusahaan Sektor Jasa yang Terdaftar di BEI dan Menerima Opini Going Concern Periode 2010-2014). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Melania, S., Andini, R., & Arifati, R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Auditor, Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal Of Accounting, 2(2).

Pandoyo & Sofyan. (2014). Metodologi Penelitian Keuangan dan Bisnis. Bogor: Penerbit IN MEDIA.

Prihadi, T. (2012). Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS dan PSAK. Jakarta: Penerbit PPM.

Purwanto, S. (2016). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Saifudin, A., & Trisnawati, R. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2011-2014). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Salamun, S. (2012). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Institute of Financial Market.

Salamun, S. (2014). Audit Keuangan. Jakarta Selatan: Penerbit IFM Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tarihoran, A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pernyataan going concern. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: Jwem, 7(1), 9-20.

Yusriwarti, Y., & Mariyani, M. (2019). Pengaruh Kondisi Keuangan dan Kualitas Audit Terhadap Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2), 51-60.

Published
2021-08-09
How to Cite
Hutagaol, J., & Manurung, E. (2021). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Auditor, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Opini Going Concern pada Perusahaan Jasa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 474-483. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.849