Pengaruh Social Media Marketing dan Product Quality Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai Interverning pada Produk Jims Honey

Studi pada Masyarakat Kebumen

  • Endah Setiawati Universitas Putra Bangsa
  • Gunarso Wiwoho Universitas Putra Bangsa
Keywords: Social Media Marketing, Product Quality, Purchase Intention, Purchase Decision

Abstract

Perkembangan bisnis di dunia Industri fashion terus mengalami perubahan dalam periode waktu yang sangat singkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh social media marketing, dan  product quality terhadap purchase decision melalui purchase intention produk Jims Honey pada masyarakat di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik non probability sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hipotesis diuji dengan bantuan SPSS 25 for windows. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini yaitu: (1) social media marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (Y1); (2) product quality (X2) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (Y1) dan juga berpengaruh signifikan terhadap  purchase decision (Y2); (3) social media marketing (X1) tidak berpengaruh terhadap purchase decision (Y2); (4) social media marketing (X1) dan product quality (X2) secara tidak langsung masing-masing berpengaruh terhadap purchase decision (Y2) melalui purchase intention (Y1).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifai, A. A., & Trihandayani, Z. (2018). Harga, Kualitas Produk Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tas Kw Cartier Di Kalangan Mahasiswi Sebagai Penunjang Penampilan Kuliah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(3), 16-22.

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen :Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

DeMers, J. (2014). The top 10 benefits of social media marketing. Forbes. com, 11.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Hani T Handoko.2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Kelima. Yogyakarta : BPFE

Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill.

Ghozali, Imam. 2009.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit: Universitas Diponegoro.

Harsalim, R. R. (2015). Analisis Pengaruh Product Quality, Price Dan Promotion Terhadap Purchase Intention Mobil Toyota Alphard Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-11.

Hoffman, D. L., Novak, T. P., & Kang, H. (2017). Let’s get closer: Feelings of connectedness from using social media, with implications for brand outcomes. Journal of the Association for Consumer Research, 2(2), 216-228.

Hosein, N. Z. (2012). Measuring the purchase intention of visitors to the auto show. Journal of management and marketing research, 9(1), 1-17.

Karundeng, N., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 8(2), 83-90.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Managemen.t Fourteenth Edition. New Jersey:Pearson Education.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller.2016.Marketing Managemet.Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4, 2013. 607-618.

Published
2021-06-21
How to Cite
Setiawati, E., & Wiwoho, G. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan Product Quality Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention sebagai Interverning pada Produk Jims Honey. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 407-424. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.843