Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Fisik, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru

Studi Kasus Pada Guru PNS di MTS N 5 Kebumen

  • Eko Purwanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Much. Riyadus Solichin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Fisik, Disiplin Kerja, Kinerja

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, lingkungan kerja fisik, dan didiplin kerja terhadap kinerja guru (studi pada guru PNS di MTs N 5 Kebumen). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Analisis pengaruh kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru PNS di MTs N 5 kebumen, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru PNS di MTs N 5 Kebumen secara parsial maupun simultan. Data sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu guru PNS di MTs N 5 Kebumen yang berjumlah 46 guru sebagai responden. Instrumen atau alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket/kuesioner.

Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda.. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji F, analisis regresi linier berganda (skala likert). Data dianalisis dengan bantuan program SPSS Release 24 for Windows. Hasil dari pembuktian hipotesis pertama bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil dari hipotesis ke dua bahwa lingkungan kerja fisik tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja. Hasil dari pembuktian hipotesis ketiga bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil dari hipotesis keempat kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Colquitt, J., Lepine, J. A., Wesson, M. J., & Gellatly, I. R. (2011). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace (Vol. 375). New York, NY: McGraw-Hill Irwin.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Fitriani, D., Nurlaela, N., & Sudarwadi, D. (2019). Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Guru Smk Negeri 1 Manokwari. Cakrawala Management Business Journal, 1(1), 119-133.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Holan, A., & Marina, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Prabumulih. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 80-90.

Kerlinger & Pedhazur. (2002). Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Semarang: Nurcahya.

Lestari, A. N., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT The Univenus, Kragilan Serang Tahun 2018). Tirtayasa Ekonomika, 13(2), 274-299.

Maksum, A., & Wibowo, N. M. (2019). Pengaruh Kemampuan Manajerial Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Ma Al-Miftah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 2(03), 279-290.

Mangkunegara, A. P. (2001). Managemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, P. (2019). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Katalogis, 4(11).

Poerwadarminta. W.J.S. (2015). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144-160.

Riva’i. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Peraktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santika, I. P., & Antari, N. L. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 15(1).

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.

Suseno, I., Supeno, S., & Miranti, I. (2017). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMP DKI Jakarta. DEIKSIS, 9(01), 90-99.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Werang, B. R. (2014). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SDN di Kota Merauke. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1).

Yuki, G. (2010). Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Indonesia, Jakarta, Indeks.

Published
2020-12-31
How to Cite
PurwantoE., & SolichinM. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Fisik, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 1002-1015. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.692
Section
Articles