Pengaruh Attraction, Servicescape Wisata dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan dengan Visitor Satisfaction sebagai Variabel Intervening

Studi pada Obyek Wisata Bukit Pentulu Indah

  • Mujiono Mujiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Sigit Wibawanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Attraction, Servicescape, Visitor Satisfaction, Revisit Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Attraction dan Servicescape  terhada Revisit Intention  melalui Visitor Satisfaction sebagai variabel intervening. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak diberi peluang/ kesempatan bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Responden dalam penelitian ini adalah 100 Wisatawan Obyek Wisata Bukit Pentulu Indah . Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistik yang dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedestitas, uji normalitas, uji korelasi, koefisien determinasi, uji t, analisis jalur, dan uji ganda. Pengujian dalam uji t menunjukkan bahwa Attraction  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Visitor Satisfaction, Servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap Visitor Satisfaction, Attraction berpengaruh positif dan sighnifikan terhadap Revisit Intention, Servicescape tidak berpengaruh terhadap Revisit Intention, Visitor Satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention, Visitor Satisfaction dapat memediasi antara Attraction dengan  Revisit Intention, dan Visitor Satisfaction dapat memediasi Servicescape  dengan Revisit Intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deasy, V. (2012). Analisis Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention pada Theme Restaurant dan Non-ThemeStudi Kasus: Nanny?s Pavillion dan Solaria. Skripsi. Universitas indonesia.

Fitriani, R., & Wilardjo, S. B. (2018). Sadar wisata, kemenarikan fasilitas, jarak, pengaruhnya terhadap minat berkunjung kembali pada objek Wisata Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 5(3), 259-272.

Gegel, P. I. (2006). Industri Pariwisata Indonesia Dalam Globalisasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Keselamatan dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio, 1(2), 144-155.

Modjanggo, F., Sudhartono, A., & Sustri, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Pengunjung Ke Objek Ekowisata Pantai Siuri, Desa Toinasa Kecamatan Pamona Barat Kabupaten Poso. Jurnal Warta Rimba, 3(2).

Nurlestari, A. F. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurna Pariwisata, 3.

Sarwono, J. (2009). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: PT Andi.

Setiawina, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan kembali wisatawan pada daya tarik wisata di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 279-308.

Sopyan, S., & Widiyanto, I. (2015). Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuanti, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suheri, D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Front Office terhadap Kepuasan Tamu Di Banyan Tree Resort Bintan. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Wardhani, U. E. (2008). Usaha Jasa Pariwisata Jilid I. Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang.

Wibowo, S. F., Sazali, A., & RP, A. K. (2016). The Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction toward Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 7(1), 136-156.

Yoeti, O. A. (1985). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Published
2020-12-01
How to Cite
MujionoM., & WibawantoS. (2020). Pengaruh Attraction, Servicescape Wisata dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan dengan Visitor Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 948-971. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.689
Section
Articles