Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian

Studi pada Konsumen Burung Perkutut di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen

  • Ahmad Huzangi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Prihartini Budi Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Word of Mouth, Kelompok Acuan, Life Style, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth, kelompok acuan, dan life style terhadap keputusan pembelian studi pada konsumen burung perkutut di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan di penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji instrument validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 24.0  for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua item pernyataan setiap variabel valid dan reliable. Model penelitian memenuhi kriteria uji asumsi klasik tidak terdapat multikolonieritas, heterokedastisitas, dan memenuhi asumsi normalitas. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel word of mouth dan life style berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kelompok acuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, T. (2003). Manajemen Produksi dan Industri Kecil. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Akhter, N. (2010). Self Management among Patients with Hypertension in Bangladesh. Journal Tersedia secara online di http://kb.psu.ac.th diakses pada 1 Mei 2020.

Anderson, E. W., Fornell, C., & Lehmann, D. R. (1994). Customer satisfaction, market share, and profitability: Findings from Sweden. Journal of Marketing, 58(3), 53-66.

Arsyanti, N. M., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 291-301.

Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management (terjemahan: Arief Subianto), Bayumedia Publishing.

Cohen, L., Manion, L., Morrison, K., & Morrison, R. B. (2007). Research methods in education. Routledge.

Darpito, S. H. (2011). Analisis Pengaruh Penyesalan, Nilai Komplain, dan Kepuasan terhadap Niat Pembelian Ulang dengan Niat Menyampaikan Komplain sebagai Intervening Variabel. Prosiding Call for Paper Master & Doctorate Journey in Management Science Konferensi Nasional Kewirausahaan untuk Kemakmuran, 183-199.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardjanti, A., & Amalia, D. (2014). Pengaruh Customer Service Quality, Customer Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Trust Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 5(1).

Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 89-100.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.

Jimanto, R. B., & Kunto, Y. S. (2014). Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Ritel Bioskop The Premiere Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-7.

Kartika, E. K. (2014). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Sepeda Motor Honda Kategori Sport Mid. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 162-175.

Koentjoro, E. M. (2013). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction di Coffee Bean Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-6.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi Milenium buku 2: PT Perihalindo Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Alih Bahasa Damos Sihombing, M.B.A.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 1. Jakarta: Indeks Gramedia. Alih Bahasa Alexander Sandoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia. Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jakarta: Penerbit Erlangga. Alih Bahasa Bob Sobran, M.M.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran ; Edisi 12 ; Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-32.

Kusuma, P. D., & Suryani, A. (2017). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Marketing Mix Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1398-1424.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, 12th edition, New York. McGraw-Hill.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer behavior: Building a marketing strategy. McGraw-Hill Education.

Oliver, R. L. (1993). A conceptual model of service quality and service satisfaction: Comparative goals, different concepts. Advances in service marketing and management, 2, 65-85.

Putra, A. B., Lapian, J., & Lumanauw, B. (2014). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Minat Membeli Kembali Voucher Isi Ulang Telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 428-437.

Putri, A. D., & Astuti, S. R. T. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Blends Pasta & Chocolate Cabang Unika Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(2), 73-82.

Ristiyani, E., & Setyawati, H. A. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust Terhadap Customer Satisfactions Serta Dampaknya pada Repatronage Intentions Pada Lazada (Studi pada Pengguna Lazada di Kecamatan Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 92-100.

Rosaliana, F., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 139-148.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa Edisi Ke-3. Malang: Banyumedia publishing.

Tjiptono, F. (2008). Service Management: mewujudkan layanan prima (1). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3 Yogyakarta: CV Andi offset.

Tjiptono., F. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Tjoanoto, M. T. (2013). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Restoran Jade Imperial. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1), 1-9.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh relationship marketing, keamanan, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop dan loyalitas konsumen sebagai variabel intervening (Studi kasus pada onlineshop “Numira” Semarang). Journal of Management, 2(2).

Zeng, F., Hu, Z., Chen, R., & Yang, Z. (2009). Determinants of online service satisfaction and their impacts on behavioural intentions. Total Quality Management, 20(9), 953-969.
Published
2020-12-01
How to Cite
HuzangiA., & AstutiP. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 910-926. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.686
Section
Articles