Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas dengan Biaya Modal Ekuitas sebagai Variabel Intervening

Studi pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018

  • Yulika Zulfatun Ni'mah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Akhmad Syarifudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Debt to Equity Ratio, Biaya Modal Ekuitas, Return on Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh profitabilitas pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Profitabilitas merupakan variabel dependen. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 17 perusahaan. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur dan uji asumsi klasik dengan menggunakan versi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif terhadap profitabilitas, leverage berpengaruh negatif terhadap biaya modal ekuitas, biaya modal ekuitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, leverage secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap profitabilitas melalui biaya modal ekuitas. Penulis berharap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lebih bijak dalam mengelola dan memperhitungkan penggunaan leverage agar bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan jika tidak, bisa menjadikan beban perusahaan lebih besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DiPietre, D., Fuchs, L., & Tubbs, R. (1997). Critical Control Points: Managing Assets, Expenses, and Leverage. http://www.ansc.purdue.edu/swine/swineday/sday97/8.pdf.

DiPietre, D., Fuchs, L., & Tubbs, R. (2014). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Higgins, R. C. (2004). Analysis for Financial Management. 7th Edition, McGraw Hill/Irwin, New York.

Rebecca, Y., & Siregar, S. V. (2012). Pengaruh corporate governance index, kepemilikan keluarga, dan kepemilikan institusional terhadap biaya ekuitas dan biaya utang: studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Simposium Nasional Akuntansi XV, 1-28.

Sartono, R. A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-II. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan – Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Utami, W. (2005). Pengaruh Manajemen Laba terhadap Biaya Modal Ekuitas:(Studi pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VIII.
Published
2020-12-01
How to Cite
Ni’mahY., & SyarifudinA. (2020). Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas dengan Biaya Modal Ekuitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 861-873. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.652
Section
Articles