Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Kebumen

  • Rochmatul Anisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Dwi Suprajitno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: E-Filing, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Wajib Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak di Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang menggunakan e-Filing dan terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan metode Convenience sampling dan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 23 for Windows. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) yaitu diperoleh Ajusted R Square sebesar 77,2% yang menunjukan bahwa penggunaan e-Filing dipengaruhi oleh variabel Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan. Sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kebermanfaatan tidak berpengaruh terhadap Penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi di Kebumen, sedangkan Persepsi Kemudahan dan Kepuasan berpengaruh positif terhadap Penggunaan E-Filing bagi wajib pajak orang pribadi di Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak (Studi Pada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan IAIN Surakarta). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gunawan, A. (2014). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking. Jurnal Nominal 3(2): 55-73.

Harjo. (2013). Perpajakan Indonesia. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. BEFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Besar: Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Junawan, & K.S. Damanik. (2018). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik 9(1): 68-79.

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-88/PJ/2004 Penyampaian Surat Pemberitahuan Secara Elektronik. 14 Mei 2004. Jakarta.

Kirana, G.G. (2010). Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Laihad, R.C.Y. (2013). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak di Kota Manado. Jurnal EMBA 1(3):44-51.

Mahardhika, A. S. (2019). Akuntan Di Era Digital: Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) Pada Software Berbasis Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 12-16.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan. Edisi 2016. Andi. Yogyakarta.

Noviandini, N.C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Nurjannah. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kecepatan, Keamanan dan Kerahasiaan Terhadap Penggunaan Fasilitas E-Filing Sebagai Sarana Penyampaian SPT Masa Secara Online dan Realtime Bagi Wajib Pajak Badan di Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Fekon, 4(1), 1828-1842.

Pandingan, L. (2014). Administrasi Perpajakan (Pedoman Praktis bagi Wajib Pajak di Indonesia). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-05/PJ./2005 Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Secara Elektronik (E-Filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP). 12 Januari 2005. Jakarta.

Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-47/PJ/2008 Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan dan Penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan Surat Pemberitahuan Tahunan Secara Elektronik (E-Filing) Melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP). 16 Desember 2008. Jakarta.

Pramana, G.W.J., & Sapari. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filing. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6(9).

Pratama, A.P., P. Fauziati, & Herawati. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Padang. Jurnal Fakultas Ekonomi, 9(1).

Sanusi, A. (2013). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Saraswati, P., & Kiswara, E. (2013). Analisis Terhadap Pengaruh Penerapan Theory Of Consumer Acceptance Technology Pada e-SPT. Diponegoro Journal Of Accounting, 2(2), 1-14.

Siahaan, M.P. (2004). Utang Pajak, Pemenuhan Kewajiban, dan Penagihan Pajak Dengan Surat Paksa. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Situmorang, R. (2016). Hubungan Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepuasan, Persepsi Kerumitan, Persepsi Risiko Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Penggunaan E-Filing. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Sugiharti, M. A. (2015). Analisis Efektivitas Dan Kelayakan Sistem Pelaporan Pajak Menggunakan E-Filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Pratama Malang Utara Periode 2015). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 6(2), 1-10.

Sugihartono., K.N. Fathiah, F. Harahap, F.A. Setiawati, & S.R. Nur Khayati. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Aflabeta. Bandung.

Sumarsan, T. (2012). Tax Review dan Strategi Perencanaan Pajak. Jakarta. Indeks.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan. 17 Juli 2007.

Wahyuni, R. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Wahyuni, R. (2015). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, dan Kecepatan Terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-Filing (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jurnal FEKON 2 (2): 1-15.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Andi. Yogyakarta.

Waluyo, B. (2013). Perpajakan Indonesia. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Waluyo, B. (2014). Perpajakan Indonesia. Edisi 11. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan PendekatanTechnology Acceptance Model (TAM). Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Jakarta Selatan.

Wulandari, Y. M., Pratomo, S. A., & Irwanto, W. S. (2016). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Keamanan dan Kerahasiaan, dan Kenyamanan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing (studi kasus pada wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan Pajak Pratama Klaten). KIAT BISNIS, 6(4),366-381.
Published
2020-08-31
How to Cite
Anisa, R., & Suprajitno, D. (2020). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 595-609. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.644
Section
Articles