Perancangan Mukena UKM DW Kreasi Untuk Muslimah

  • Suci Mutiara Bilqis Universitas Trilogi
  • Noverdi Bross Universitas Trilogi
  • Bayyinah Nurul Haq Universitas Trilogi
Keywords: UKM, Dw Kreasi, Mukena, Tas, Sajadah

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi UKM bidang fashion adalah desain yang tidak sesuai dengan selera pasar. DW Kreasi adalah UKM yang bergerak dibidang garmen, produk yang dihasilkan adalah gamis, jilbab dan mukena. Produk mukena memiliki potensi penjualan yang baik dan perubahan trend desain mukena cenderung lambat. Kondisi ini membutuhkan desain mukena yang menawarkan fungsi bukan hanya model semata. Perancangan mukena UKM Dw Kreasi dengan penambahan fungsi pada mukena Dw Kreasi yaitu pada tas yang multifungsi yaitu selain sebagai tempat penyimpanan mukena juga dapat digunakan sebagai sajadah sehingga mukena dapat efisien jika digunakan untuk berpergian. Renda dengan warna senada dengan bahan mukena yang dikombinasikan pada mukena akan memberi nilai estetika sehingga diharapkan dapat meningkatkan harga jual mukena Dw Kreasi. Tas yang juga multifungsi yang akan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

One of the problems faced by UKM in the fashion sector is design that is not in accordance with market taste. DW Kreasi is a UKM engaged in garment, the products produced are robe, hijab and mukena. Mukena products have good sales potential and changes in Mukena design trends tend to be slow. This condition requires a Mukena design that offers functions not just models. The design of the mukena UKM Dw Kreasi with the addition of the function in the mukena Dw Kreasi is a multifunctional bag that is in addition to being a mukena storage can also be used as a prayer mat so that the mukena can be efficient if used for traveling. Lace with matching colors with mukena material combined with mukena will provide aesthetic value so that it is expected to increase the selling price of mukena Dw Kreasi. A multifunctional bag that will meet the needs of consumers so that it is expected to increase sales

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, S. E., & Strategi, M. M. (2015). Teori-Konsep-Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1-12.

Mirantika, N., & Marbun, S. (2016). Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Komodifikasi Mukena (Vol. 1). An1mage.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka.

Sarjono, H., & Kuncoro, E. A. (2013). Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) untuk Memenangkan Strategi Organisasi (Studi Kasus Perguruan Tinggi Di Kopertis Wilayah III–DKI Jakarta). Binus Business Review, 4(1), 414-422.

Siswoyo, A. A. (2017). Analisis Kebutuhan SI/TI untuk Mendukung Proses Bisnis Usaha Kecil pada Industri Garmen di Jawa Timur dengan Metode Business Object Oriented Modeling (Multi Studi Kasus) (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Published
2020-08-27
How to Cite
Bilqis, S., Bross, N., & Haq, B. (2020). Perancangan Mukena UKM DW Kreasi Untuk Muslimah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 504-514. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.617
Section
Articles