Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK

  • Isnaeni Oktavianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Harini Abrilia Setyawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Reference Group, Lifestyle, Brand Image, Purchasing Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen yang pernah melakukan pembelian dan pengguna helm merek INK. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS for windows 23. Hasil penelitian ini menunjukkan kelompok acuan, gaya hidup dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna helm merek INK di Kabupaten Kebumen sebesar 20.236. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,368 artinya sebesar 36,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kelompok acuan, gaya hidup dan citra merek, sedangkan sebesar 63,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek Oppo di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 5(1), 61-75.

Engel, J. F., Blackwell R. D., & Miniard P.W. (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara.

Fauzi, A. F., Hidayat, Z., & Irwanto, J. (2018). Pengaruh faktor social dan psikologi dalam melakukan keputusan pembelian produk mebel Alumunium pada home industry Berkah Alumunium lumajang. Repositori. STIE Widya Gama Lumajang.

Ghozali, I . 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Cetakan ke-5. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. (2010). Multivariate data analysis. 7th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 12. PT Indeks. New Jersey.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145-154.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 2303-1174.

Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Samsung Mobile IT Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(2), 262-279.

Pramudi, R. Y. (2015). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik lokal. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(2), 280-301.

Rao, P. (1996). Measuring consumer perception through factor analysis. The Asian manager. Februari-marc, pp 28-23.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan Implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Siagaian, D., & Sugiarto. (2006). Metode Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siahaan, A. S., & Setiawati, C. I. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans. eProceedings of Management, 5(3).

Simamora, B. (2004). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supranto, & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Supriyati, S., Darham, D., & Herawati, H. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Bungo pada Rumah Batik Vinto Muara Bungo. Jurnal Ekobistek, 6(2), 192-199.

Surachman. (2008). Dasar – dasar manajemen merek. Malang: Bayumedia Publising.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ulus, A. A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 1134-1144.
Published
2020-08-31
How to Cite
Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619-630. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.616
Section
Articles