Pengaruh Brand Trust dan Perceived Value Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening

Studi Pada Pengguna Jaringan Data Internet Telkomsel di Wilayah Kebumen

  • Muhammad Faizun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Ika Susilowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Brand Trust, Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan  perceived value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen yang menggunakan jaringan data internet Telkomsel. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data mengunakan analisis jalur dengan progam SPSS 23 dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand trust dan perceived value berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Selanjutnya brand trust tidak berpengaruh terhadap customer loyalty, sedangkan  perceived value dan customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Serta customer  satisfaction tidak dapat memediasi antara variabel brand trust dan perceived value terhadap customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardinsyah, R. (2015). Operator Indonesia Dengan Pelanggan Terbanyak. http://Paketinternet.com/2015/05/operator-indonesia-dengan-pelanggan-terbanyak.html.

Buttle, F. (2004). Customer Relationship Management. Malang: Banyumedia.

Haudhuri, A, H. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 81-93.

Ken Sudarti, I. (2013). Peningkatan Loyalitas Pelanggan melalui Reputasi Mere, Kepuasan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan. Media Ekonomi dan Manajemen. Vol 23.

Lau, G. T, L. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand. Journal of Market-Focused Management, 341-370.

Lucas, H. J. (2000). Information Technology for Managemen. New York: Mc Graw-Hill.

Pratomo, Y. (2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Jakarta: Kompas.com.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

www.inikebumen.net

www.selular.id/2019/05/gonjang-ganjing-industri-selular-mampukah-telkomsel-mempertahankan-supremasi/

Zhou, D. Y. (2017). The impact of reference effect on online purchase intention of the agricultural product-the moderating role of consumers'food safety consciousness. Internet Research, Vol.27.
Published
2020-08-31
How to Cite
Faizun, M., & Susilowati, I. (2020). Pengaruh Brand Trust dan Perceived Value Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 546-562. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.612
Section
Articles