Pengaruh Self Image Congruence, Luxury Value Dan Product Attribute Terhadap Repurchase Intention Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening

(Studi Pada Pengguna Smartphone Vivo Keluaran Tahun 2018-2019 Di Kabupaten Kebumen)

  • Lusiana Safitri Indonesia
  • Sulis Riptiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Self Image Congruence, Luxury Value, Product Attribute, Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self image congruence, luxury value, dan product attribute terhadap repurchase intention melalui satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna smartphone Vivo keluaran tahun 2018-2019 di Kabupaten Kebumen. Target populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen yang menggunakan smartphone Vivo keluaran tahun 2018-2019 dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statsistika dengan metode nonprobability sampling dan jenis tekniknya yaitu purposive sampling. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas), uji t, uji koefisien determinasi, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan uji reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji t sub stuktur I variabel self image congruence berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction, luxury value berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction, product attribute berpengaruh positif dan siginifikan. Kemudian untuk sub struktur II variabel self image congruence berpengaruh positif dan siginifikan terhadap repurchase intention, product attribute tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap repurchase intention, satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Serta satisfaction dapat memediasi antara self image congruence dan product attribute terhadap repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Engel, J.F., G.Blackwell, dan P.W.Miniard. 2001. Perilaku Konsumen. Jilid 1 Binarupa Aksara, Jakarta.

Espejel, Joel, Cermina Fandos dan Carlor Flavin. 2008. Customer Satisfaction A Key Faktor Of Customer Loyalty And Buying Intention Of a DPO Food Product. British Food Journal, 110(9), pp. 865-881.

Goh, Nan Jiang, Pei Leng Tee. 2016. The Impact of Brand trust, Self-image Congruence and Usage Satisfaction toward Smartphone Repurchase Intention. International Review of Management and Marketing. Vol.6, 2016.

Hanggara, V.& Brahmana, R.M.K.R. 2005. Pengaruh Brand Personality Teh Javana Terhadap Purchase Intention Melalui Pendekatan Self-Image Congrunece. Student Journal. Vol.3, No.1.

Irawan, Handi. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan pertama PT Gramedia: Jakarta.

Kotler dan Grey Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran 9/e. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13. Jakrata: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lindquise, J., & Sirgy ,M.J. 2009. Shopper, Buyer, And Customer Behavior (4th ed). Ohino Mason: Cengange Learning.

Nikbin, D., Ismail, I., Marimuthu, M., & Younis Abu-Jarad, I. (2011). The Impact of firm reputation on customers’responses to service failure: the role of failure attributions. Business Strategy Series, 12(1), 19-29.
Nugroho, dkk. 2015. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Counter Perdana di Gresik). Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.20, No.1, Maret 2015.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Cetakan Ke 11. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Andy Offset, Yogyakarta.

Tammabua, Milcha Handayani. 2017. Analisis Pengaruh Self Image Congruity, Retail Servise Quality , Dan Customer Perceived Servive Quality Terhadap Customer Loyalty Yang Dimediasi Customer Satisfaction Urban Surf/Distro Di Jayapura. Jurnal Organisasi Dan Manajemen. Volume 13, Nomor 2, September 2017.

Widjiono, Japarianto. 2015. Analisa Pengaruh Self Image Congruity, Retail Service Quality Dan Customer Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Dib Roadway Barbershop Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.9, No.1, April 2015.
Published
2020-08-31
How to Cite
Safitri, L., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Self Image Congruence, Luxury Value Dan Product Attribute Terhadap Repurchase Intention Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 681-688. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.591
Section
Articles