Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening

(Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking Bank BRI di Kantor Cabang Kebumen)

  • Fitria Styarini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Sulis Riptiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Customer Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Keputusan Menggunakan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer trust terhadap keputusan menggunakan mobile banking melalui perceived risk dan perceived usefulness sebagai variabel intervening pada pengguna aplikasi mobile banking Bank BRI di Kantor Cabang Kebumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah pengguna rekening debet pada Bank BRI Kantor Cabang Kebumen yang menggunakan aplikasi mobile banking BRI. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas), uji parsial, uji koefisien determinasi, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji t sub struktur I variabel customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived risk. Hasil uji t sub struktur II variabel customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness. Kemudian untuk sub struktur III variabel customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan, perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan, perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, A. A. C., Yusniza K. dan Nor Haida A. H. 2012. “Perceived risk and the adoption of tax e-filing”. World Applied Sciences Journal, 20(4), 532-539.

Ba, S., dan Paul A. Pavlou. 2002. “Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: Price premiums and buyer behavior”. MIS quarterly Vol. 26, No. 3, 2002: 243-268.

Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). “Exploring factors that affect usefulness, ease of use, trust, and purchase intention in the online environment”. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 19(1), 21-36.

Davis, F. D. 1989. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology”. MIS quarterly, 319-340.

Dewi, N. M. A. P., dan I Gde K. Warmika. 2016. “Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Vol. 5, No. 4, 2016: 2606-2636.

Fatuh, Miyatul. 2017. “Pengaruh Promosi Penjualan, Perceived Ease of Use, dan Perceived Usefulness terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Online (Studi pada Pengguna Uber di Surabaya Pusat). Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 5, No. 4.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gbongli, K., dan Owusu Ackah. 2016. “Selection and Ranking of Perceived Risk Associated with Mobile Banking in West Africa : An AHP Approach from Customer’s Perspective”. International Journal of Scientific and Enginering Research, 7 (1), 80-86.

Jannah, N. Z. 2017. “Pengaruh Percaived Ease Of Use dan Percaived Usefulness Terhadap Buying Interest dan Buying DecisionMelalui Aplikasi Go-Jek di Kota Samarinda”. Jurnal Universitas Mulawarman Vol. 5, No. 4, 2017: 1014-1028.

Kesharwani, A., dan Shailendra S. B. 2012. “The impact of trust and perceived risk on internet banking adoption in India: An extension of technology acceptance model”. International Journal of Bank Marketing, 30(4), 303-322.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Klaten: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kristianti, M. L., dan Rilo Pambudi. 2017. “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Kemananan, Dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa Di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi Vol. 11, No. 1, Oktober: 50-67.

Kurniawan, D., Hantane S. dan Edwin J. 2013. “Analisis Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory of Reasoned Action”. Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 1, No. 1, 2013: 1-13.

Mahardika, R. M. dan Harsini S. 2019. “Anteseden Mobile Banking Adoption”. Media Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 19, No. 1, April 2019: 45-57.

McKnight, D. Harrison, Vivek Choudhury, dan Charles K. 2002. “Developing and Validating Trust Measures for E-Commerce: An Intgrative Typology”. Information System Research Vol 13, No. 3.

Mehrad, D., dan Shahriar M. 2017. “Word of Mouth impact on the adoption of mobile banking in Iran”. Telematics and Informatics, 34(7), 1351-1363.

Mowen, John C. Dan Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen Jiilid 1. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul, dan Jerry C. Olson. 1999. “Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Prastiwi, I. E. 2018. “Pengaruh Persepsi Anggota Pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust Yang Berdampak Pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo)”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 4, No. 1, 2018: 28-40.

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur unttuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Schiffman, L., dan Leslie Lazar K. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Yogyakarta: PT INDEKS.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhir, M., Imam Suyadi, dan Riyadi .(2014). “Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website Www. kaskus. co. id)”. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8, No. 1.

Sumarto, S. (2012). “Membangun Customer Loyalty Nasabah Bank Melalui Customer Satisfaction”. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 7, No. 2, 2012: 15-30.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Taroreh, O., Rotinsulu J. J. dan Rudy W. 2015. “Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Jasa Asuransi pada Asuransi Jasindo Manado”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 3, No. 3, September 2015: 312-321.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Wahyuningtyas, Y.F., dan Widiastuti D. 2015. “Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, kemudahan, dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Barang Fashion di Facebook). Jurnal Kajian Bisnis Vol. 23, No. 2.
Published
2020-08-31
How to Cite
Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 670-680. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.590
Section
Articles