Pengaruh Environmental Consciousness dan Green Perceived Value Terhadap Green Repurchase Intention dengan Green Satisfaction sebagai Variabel Intervening

(Studi Kasus pada Konsumen Sayuran Organik di Kabupaten Kebumen)

  • Anggun Ma'rifatun STIE Putra Bangsa Kebumen
  • Sulis Riptiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Environmental Consciousness, Green perceived Value, Green Satisfaction, Green Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental consciousness dan green perceived value terhadap green repurchase intention melalui green satisfaction sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Kebumen yang pernah melakukan pembelian sayuran organik. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dakam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data mengunakan analisis jalur dengan progam SPSS 23 dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa environmental consciousness dan green perceived valueberpengaruh signifikan terhadap green satisfaction. Selanjutnya environmental consciousness tidak berpengaruh terhadap green repurchase intention, sedangkan  green perceived value dan green satisfaction berpengaruh dan signifikan terhadap green repurchase intention. Serta green satisfactiondapat  memediasi antara environmental consciousness dan green perceived value terhadap green repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariffin, S., Yusof, J. M., Putit, L., & Shah, M. I. A. (2016). Factors influencing the perceived quality and repurchase intention towards green products. Procedia Economics and Finance, 37(16), 391-396.

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2012). Enhance green purchase intentions. Management Decision, 50(3), 505-520.
Kurniawati, N. R., & Nina, P. (2018). Pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Quality untuk Meningkatkan Green Satisfaction yang Berdampak pada Repurchase Intention. E-Jurnal STIE INABA, 17(2), 1-18.

Lam, A. Y., Lau, M. M., & Cheung, R. (2016). Modeling the relationship among green perceived value, green trust, satisfaction, and repurchase intention of green products. Contemporary Management Research, 12(1), 47-60.

Lin, C., & Lekhawipat, W. (2014). Factors affecting online repurchase intention. Industrial Management & Data Systems. 14(4), 597-611.

Maniatis, P. (2016). Investigating factors influencing consumer decision-making while choosing green products. Journal of Cleaner Production, 132, 215-228.
Published
2020-08-31
How to Cite
Ma’rifatun, A., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Environmental Consciousness dan Green Perceived Value Terhadap Green Repurchase Intention dengan Green Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 578-594. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.513
Section
Articles