Pengaruh Kepemimpinan, Efikasi Diri dan Lingkungan Kerja Non-Fisik Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Bumi Artha Sampang Kebumen

  • Mukhamad Wahyudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Prihartini Budi Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Kepempimpinan, Efikasi Diri, Lingkungan Kerja Non Fisik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan, Efikasi Diri, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja karyawan pada Bank Syariah Bumi Artha Sampang Kebumen. Data sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu karyawan pada Bank Syariah Bumi Artha Sampang Kebumen yang berjumlah 34 karyawan sebagai responden. Instrumen atau alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket/kuesioner. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda.. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji F, analisis regresi linier berganda (skala likert). Dari hasil pembuktian hipotesis pertama bahwa Kepemimpinan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja. Dari hasil hipotesis ke dua bahwa Efikasi diri secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja. Dari hasil pembuktian hipotesis ketiga bahwa Lingkungan Kerja Non Fisik secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja. Dari hasil hipotesis keempat Kepemimpinan, Efikasi diri, dan Lingkungan Kerja Non Fisik secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryanti, F. S. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Dennis. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Efikasi Diri, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Nusantara Sakti. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Endah. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Mandala Finance. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Faiqoh. (2009). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMK Batik 2 Kebumen. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21.Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipenogoro.

Gomes, F. C. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta : BPFE.

Handoko, T. H. (2010). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hashifi, M. (2010). Analisis Pengaruh Persepsi Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Hasibun, M. S. P. (2011). Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas Jakarta: Bumi Aksara.

Kusworo. (2009). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di SMK Alfalah Somelangu Sumberadi Kebumen. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardani, N. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen.

Martoyo, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Purwoto, A. (2009). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: Grasindo.

Sondang, P. S. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Stevani. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kepemimpinan, dan Self Efficacy, terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi Sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Setia.

Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuki, G. (1994). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.
Published
2020-06-30
How to Cite
Wahyudin, M., & Astuti, P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Efikasi Diri dan Lingkungan Kerja Non-Fisik Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Bumi Artha Sampang Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 314-322. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i3.480
Section
Articles