Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek

  • Tifani Lidiya Febri Arta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Siti Nur Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, E-Service Quality, Keputusan Menggunakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalanisis pengaruh dari perceived usefulness, perceived ease of use dan e-service quality terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek di Kecamatan Kebumen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh orang yang telah menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer, yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan kuesioner. Metode yang digunakan adalah non probability sampling yaitu purposive sampling. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 tingkatan dan data yang diperoleh diolah dengan analisis  SPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows versi 24. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel perceived usefulness terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food, perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food, serta secara bersama-sama perceived usefulness, perceived ease of use dan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan fitur Go-Food dalam aplikasi Gojek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanti, A. I., & Pudjihardjo, M. (2014). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).

Argitama, D. K., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 80-84.

Bressolles, G., & Durrieu, F. (2011). Service quality, customer value and satisfaction relationship revisited for online wine websites. In 6th AWBR International Conference, Bordeaux Management School (pp. 9-10).

Chania, S. C. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Layanan Go-Pay Pada Pelanggan Maupun Pengemudi Gojek. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Dewi, A. (2019). Analisis Pendpatan Usaha Kecil Makanan Siap Saji. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah, Sumatra Utara.

Engel, J. F., Roger, D. B., & Miniard, P. W. (2000). Perilaku Konsumen. Jilid 1. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Fatuh, M., & Widyastuti, W. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan, Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Online (Studi pada Pengguna Uber di Surabaya Pusat). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4).

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hartono, J. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan (2 ed). Yogyakarta: Andi.

Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(1), 170-175.

Jati, N. J., & Laksito, H. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan dan penggunaan sistem e-ticket (Studi empiris pada biro perjalanan di Kota Semarang). Doctoral Dissertation. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents. Decision support systems, 44(2), 544-564.

Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedua belas. PT. Indeks: Jakarta.

Koufaris, M., & Hampton-Sosa, W. (2002). Customer trust online: examining the role of the experience with the Web-site. Department of Statistics and Computer Information Systems Working Paper Series, Zicklin School of Business, Baruch College, New York.

Lim, Y. J., Osman, A. B., & Halim, M. S. B. A. (2014). Perceived usefulness and trust towards consumer behaviors: a perspective of consumer online shopping. Journal of Asian Scientific Research, 4(10), 541.

Lin, H. F. (2011). An empirical investigation of mobile banking adoption: The effect of innovation attributes and knowledge-based trust. International journal of information management, 31(3), 252-260.

Mahanani, E., & Sari, B. (2019). Pengaruh Perceived Ease of Use, Word of Mouth dan Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Grab. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(1), 9-17.

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 203-213.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Pikkarainen, T., Pikkarainen, K., Karjaluoto, H., & Pahnila, S. (2004). Consumer acceptance of online banking: an extension of the technology acceptance model. Internet research. Internet Research, 14(3), 224-235.

Schiffman, L., Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap perilaku penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Suhir, M., & Suyadi, I. Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8, 1-10.

Sweeney, P. D., & Dean B. M. (2002). Organizational behavior solutions for management. McGraw Hill. New York.

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi2. Yogyakarta: Andi.

Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2010). Electronic Commerce: A Managerial Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management science, 46(2), 186-204.

Verina, E., Edy Y., & Wasis A. L. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10(1).

Voss, C. A., Roth, A. V., Rosenzweig, E. D., Blackmon, K., & Chase, R. B. (2004). A tale of two countries’ conservatism, service quality, and feedback on customer satisfaction. Journal of Service Research, 6(3), 212-230.

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2).

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: a critical review of extant knowledge. Journal of the academy of marketing science, 30(4), 362-375.
Published
2020-04-30
How to Cite
Arta, T., & Azizah, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 291-303. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.478
Section
Articles