Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening

  • Nofiyanti Nofiyanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Gunarso Wiwoho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Value, Customer Satisfaction, Online Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness dan perceived value terhadap online repurchase intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pengguna Shopee di Kecamatan Kebumen yang pernah melakukan pembelian sebanyak 3 kali dalam 6 bulan terakhir. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 dan data diolah dengan alat bantu SPSS for windows versi 24. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived value, dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap online repurchase intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. Perceived usefulness dan perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. Perceived usefulness berpengaruh positi dan signifikan terhadap online repurchase intention melalui customer satisfaction pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen. Perceived value tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap online repurchase intention melalui customer satisfaction pada Markeplace Shopee di Kecamatan Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani, N. F., & Soesanto, H. (2015). Analisis Pengaruh Utilitarian Shopping Value Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Intent To Online Repurchase Dengan Peran Perceived Value Sebagai Mediator (Studi Kasus pada Konsumen Produk Fashion Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Anderson, R. E., & Srinivasan, S. S. (2003). E-Satisfaction and E-Loyalty: A Contingency Framework. Psychology & Marketing, 20(2), 123-138.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Dewi, N. M. A. P., & Warmika, I. G. K. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(4).

Chandra, I. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Konsumen The Premiere Grand City Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-10.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Ekonometrika, Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Henry, K., Adiwijaya, M., & Subagio, H. (2017). Pengaruh Perceived Risk terhadap Purchase Intention dengan Mediasi Perceived Value dan Customer Attitude pada Pelanggan Online Shopping melalui Media Sosial Facebook di Surabaya. Petra Business and Management Review, 3(2).

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedian. Jakarta.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran , Vol.1, Edisi 12, Jakarta:Fakultas Ekonomi, UIKotler, P and Amstrong, G. 2004. Principles of Marketing. 10th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents. Decision support systems, 44(2), 544-564.

Lagita, L., & Briliana, V. (2018). Pengaruh Customer Satisfaction, Adjusted Expectation, Perceived Value, dan Perceived Usefullness Terhadap Online Repurchase Intention pada Pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 8(1), 37-48.Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International journal of electronic commerce, 7(3), 101-134.

Parastanti, G. P. (2014). Pengaruh Prior Online Purchase Experience terhadap Trust dan Online Repurchase Intention (Survey pada Pelanggan ZALORA Indonesia Melalui Website www. zalora. co. id). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1).

Purnamasari, A. I. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek Terhadap Preferensi Merek dan Loyalitas Merek (Studi pada Konsumen Sabun Mandi Cussons Baby di Kecamatan Alian). Skripsi Sarjana (Tidak dipublikasikan). Kebumen: STIE Putra Bangsa.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Schiffman, L. & Kanuk, L.L. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhir, M. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website Www. kaskus. co. id). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 25-43.

Tan, H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pada Shopee. Agora, 7(1).

Umar, H. (2000). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2020-04-30
How to Cite
NofiyantiN., & WiwohoG. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 281-290. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.477
Section
Articles