Pengaruh Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening

  • Zakiyatun Fajariyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Aris Susetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan, Struktur Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitability Ratio, Liquidity Ratio, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan melalui Struktur Modal sebagai variabel intervening pada perusahaan perbankan periode 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang melaporkan laporan keuangan selama periode 2015-2018 secara berturut-turut. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan perbankan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder tahunan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur dibantu dengan SPSS versi 22. Hasil pembuktian hipotesis terhadap nilai perusahaan menunjukkan bahwa profitability ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, liquidity ratio dan pertumbuhan perusahaan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pembuktian hipotesis terhadap struktur modal menunjukkan bahwa profitability ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal, bahwa liquidity ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hasil analisis menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa profitability ratio tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal, liquidity ratio terdapat pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal sedangkan pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal. Berdasarkan nilai R2 menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel pada model pertama sebesar 1,6% sisanya sebesar 98,.4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model dan pada model kedua sebesar 2,2 %sisanya sebesar 97,8% dipengaruhi oleh variabel diluar model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desryadi Rahmatullah, D. I. N. I. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Unesa, 7(2).

Dewi, D. A. I. Y. M., & Sudiartha, G. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2222-2252.

Dewi, N., Andini, R., & Santoso, E. B. (2018). Pengaruh Likuiditas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Strudi Kasus Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2012-2016). Journal Of Accounting, 4(4).

Eviani, A. D. (2016). Pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Dividend Payout Ratio, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 11(2).

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh profitabilitas, size terhadap nilai perusahaan dengan sruktur modal sebagai variabel intervening. Jurnal siasat bisnis, 16(2).

Kalbuana, N., Juniar, U., & Amrizal, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Size terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional dan The 4th Call for Syariah Paper, 66-75.

Kasmir. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2015. Cetakan Ke 16. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kosimpang, A. D., Andini, R., & Oemar, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Variabel Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2012–2016. Journal Of Accounting, 3(3).

Sarwono, J. (2006). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Suastini, N. M., Purbawangsa, I. B. A., & Rahyuda, H. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (struktur modal sebagai variabel moderasi). E-Jurnal ekonomi dan bisnis Universitas Udayana, 141-173.

Sudjana. (1983). Teknik analisis regresi dan korelasi bagi para peneliti. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi Volume X No, 1.

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen, 6(3), 1248-1277.

Sarwono, J. (2006). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Syardiana, G., Rodoni, A., & Putri, Z. E. (2015). Pengaruh investment opportunity set, struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan return on asset terhadap nilai perusahaan. Akuntabilitas, 8(1), 39-46.

Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 25-44.

Wulandari, D. R. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Operating Leverage, Likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai intervening. Accounting Analysis Journal, 2(4).

Yulianto, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di BEI). Doctoral dissertation. IAIN Salatiga.
Published
2020-04-30
How to Cite
Fajariyah, Z., & Susetyo, A. (2020). Pengaruh Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 259-270. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.474
Section
Articles