Pengaruh Nilai Utilitarian, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Pada Produk Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen)

  • Chabib Laela Anwar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Dewi Noor Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Utilitarian Value, Brand Image, Product Quality, Purchasing Decisions

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Nilai Utilitarian, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen). Responden pada penelitian ini adalah konsumen Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan statistika dengan bantuan program spss 22. Dalam metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, pengujian asumsi klasik, dan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis pada variabel Nilai Utilitarian tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, variabel Brand Image Berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variable Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Pengujian secara bersama-sama variabel Nilai Utilitarian, Brand Image, dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Aaker, D. A., & Equity, M. B. (1991). Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: Free Press.

Aaker, D. A., & Stayman, D. M. (1990). Measuring audience perceptions of commercials and relating them to ad impact. Journal of Advertising Research, 30(4), 7-17.

Allison, R. I., & Uhl, K. P. (1964). Influence of beer brand identification on taste perception. Journal of Marketing Research, 1(3), 36-39.

Anderson, S. E., Gooze, R. A., Lemeshow, S., & Whitaker, R. C. (2012). Quality of early maternal–child relationship and risk of adolescent obesity. Pediatrics, 129(1), 132-140.

Apriyanti, P., & Indriani, I. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wanita Pekerja Seks (WPS) dalam Pemeriksaan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Di Lokalisasi Pasar Kembang Yogyakarta Tahun 2014. Doctoral Disertation. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.

Armstrong, G. ., & Kotler, P. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Intermedia.

Blythe, J. (2005). Essentials of Marketing. Third edition. Essex: Pearson Education Ltd.

Davis, K., & Newstron, J. W. (2000). Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta : Erlangga.

Djarwanto, P. S., & Pangestu S. (2011). Statistik Induktif. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ferrand, A., & Vecchiatini, D. (2002). The effect of service performance and ski resort image on skiers' satisfaction. European Journal of Sport Science, 2(2), 1-17.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gilbert, A., Churchill, J., & Peter, P. (1998). Marketing Creating Value for Customers. Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Hanzaee, K. H., & Khonsari, Y. (2011). A review of the role of hedonic and utilitarian values on customer’s satisfaction and behavioral intentions. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1(5), 34-45.

Harjana, M. (1996). Isme-isme dalam Etika dari A Sampai Z. Yogyakarta: Kanisius.

Isyanto, P., Hersona, H. S., & Darmawan, R. (2012). Analisis Citra Merek Produk IM3: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa. Karawang. BPFE Unsika. I (I), 1-9.

Kahle, L. R., & Kim, C. H. (2006). Creating images and the psychology of marketing communication. Psychology Press.

Kotler, P. (2002). Marketing Manajemen (Millenium Edition). Jakarta: Gramedia.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Principles of Marketing. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Mitra Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). 10th Edition. Marketing an Introduction. Indonesia: Perason.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran. Edisi kedua belas jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Cet. 3. Ke-3, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mowday, R. T., Steers, R. M., & Porter, L. W. (1978). The measurement of organizational commitment (No. TR-15). Oregon Univ Eugene Graduate School Of Management And Business.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12.

Philip, K., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Puto, C. P., & Wells, W. D. (1984). Informational and transformational advertising: The differential effects of time. ACR North American Advances, 11(638).

Salam, B. (1997). Etika Moral, Asas Moral dalam Kehidupan Sosial Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Solomon, M. R. (2002). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. New Jersey: Prentice-Hall.

Sugiyono. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 11. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjahjono, A. (2013). Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal strategi Pemasaran, 1(2), 1-9.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2000). Manajemen jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2020-04-30
How to Cite
Anwar, C., & Susanti, D. (2020). Pengaruh Nilai Utilitarian, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 251-258. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.473
Section
Articles