Analisis Pengaruh Online Consumer Review, Warranty Product dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen

  • Rezana Agustyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Muhammad Baehaqi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Online Consumer Review, Warranty Product, Brand Trust, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online consumer review, warranty product dan brand trust terhadap purchase decision pada konsumen smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah online consumer review, warranty product dan brand trust, sedangkan variabel terikatnya adalah purchase decision. Teknik dalam pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan metode purposive sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hipotesis diuji dengan bantuan progam SPSS 23.00 for windows. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R2 sebesar 0,554 artinya 55,4% variabel purchase decision dapat dipengaruhi oleh online consumer review, warranty dan brand trust dan 44,6% dipengaruhi variabel lain di luar model. Berdasarkan hasil analisis jalur dan uji t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingginya purchase decision dipengaruhi oleh online consumer review, warranty product dan brand trust.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Mana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The impact of electronic word of mouth on consumers' purchasing decisions. International Journal of Computer Applications, 82(9).

Bagus, A. (2019). Pentingnya Review Pelanggan. Diambil dari https://astahub.id/pentingnya-review-pelanggan/ diakses tanggal 8 oktober 2019.

Delgado?Ballester, E., & Munuera?Alemán, J. L. (2001). Brand trust in the context of consumer loyalty. European Journal of marketing, 35(11/12), 1238-1258.

Febriyandra, D. (2018). Alasan HP Xiaomi Murah. Diambil dari https://www.mastekno.com/id/alasan-hp-xiaomi-murah/ diakses tanggal 2 oktober 2019.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460-476.

Kamila, K. T., Suharyono, S., & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015/2016–2018/2019 yang Pernah Membeli dan Menggunakan Xiaomi Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis, 72(1), 202-211.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Indeks: Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasara, Edisi ke-13, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Mubarok, Z. (2009). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Garansi Lifetime Hardware Komputer. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Putra, P. A. W., & Seminari, N. K. (2014). Pengaruh fitur, layanan pelengkap dan garansi terhadap keputusan pembelian handphone (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Denpasar). E-Jurnal Manajemen.

Rahmayani, I. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Diambil dari https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media diakses tanggal 30 september 2019.

Ridwan, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Handphone. doctoral disertation. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 65-78.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi.

Ullah, G. M., & Islam, M. (2011). Effects of warranty on purchase decision of electronic products: an empirical research from the perspective of Bangladesh. Industrial Engineering Letters, 1(1), 11-25.
Published
2020-04-30
How to Cite
Agustyan, R., & Baehaqi, M. (2020). Analisis Pengaruh Online Consumer Review, Warranty Product dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 240-250. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.468
Section
Articles