Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadaap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening

  • Talia Cindrakasih STIE Putra Bangsa
  • Siti Nur Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Lingkungan Kerja Non Fisik, Organizational Citizenship Behavior, Kinerja, Kepemimpinan Transformasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru pada guru SMK Cipta Karya Prembun. Penelitian ini menggunakan variabel kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja non fisik dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) untuk menganalisis kinerja guru di SMK Cipta Karya Prembun. Selain itu penelitian ini menggunakan variabel OCB sebagai variabel intervening terhadap kinerja guru di SMK Cipta Karya Prembun. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja non fisik, OCB dan kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Cipta Karya Prembun yang berjumlah 32 guru. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh karena jumlah responden yang relatif kecil sehingga jumlah seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis korelasi, analisis jalur dan uji sobel. Alat bantu pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 22 dan sobel kalkulator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap OCB dan kinerja. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinata, U. W. S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan KJKS BMT Tamzis Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 136-157.

DeStefano, T. J., Henry, C., Megan G., & Thomas P. (2006). The Relationship between Work Environment Factors and Job Satisfaction Among Rural Behavioral Health Professionals. Journal of Rural Community Psycology, 1(2), 123-127.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264-277.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

Mangkunegara, A. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Organ, D. W. (2006). Organizational Citizenship Behavior: The Good Soldier Syndrome. Lexington, MA: Lexington Books.

Rivai, V., & Basri, A. F. M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P., & Judge T. A. (2008). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Edisi Keduabelas. Jakarta: Salemba Empat.

Sampurno, D., & Wibowo, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru di SMK Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(2), 165-180.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Published
2020-06-30
How to Cite
Cindrakasih, T., & Azizah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadaap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behavior sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 434-439. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i3.466
Section
Articles