Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing pada Saat Initial Public Offering

(Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public Tahun 2015-2018)

  • Diana Yuniarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Akhmad Syarifudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tingkat Underpricing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing saat Initial Public Offering (IPO) pada perusahan go public pada tahun 2015-2018. Pada penelitian ini underpricing diukur dengan menggunakan initial return (IR) perusahaan yaitu harga tutup dikurangi harga IPO dibagi dengan harga IPO. Sampel pada penelitian ini terdiri dari perusahaan yang melakukan go public periode 2016-2018 yang berjumlah 88 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling, yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing, profitablitas berpengaruh terhadap tingkat underpricing dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tingkat underpricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawati, S. (2005). Analisis yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Penawaran Saham Perdana (IPO) (Studi Kasus pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 74-88.

Beatty, R. P. (1989). Auditor reputation and the pricing of initial public offerings. Accounting Review, 693-709.

Brigham, E. dan Houston, J. F. (2006). Fundamentals of Financial Management. Buku kedua Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Gumanti, T. A., Moeljadi, M., & Utami, E. S. (2018). Metode Penelitian Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hanafi, M. H. & Halim, A. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: STIE YKPN.

Hartono, J. (2009). Manajemen Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kasmir. (2016). Penggantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada media Grup.

Kim, J. B., Krinsky, I., & Lee, J. (1993). Motives for going public and underpricing: New findings from Korea. Journal of Business Finance & Accounting, 20(2), 195-211.

Lestari, F. A., & Sulasmiyati, S. (2017). Pengaruh Informasi Keuangan Terhadap Underpricing (Studi Pada Perusahaan yang Melaksanakan IPO pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 46(2), 1-8.

Mayasari, T., & Yulianto, A. (2018). Pengaruh Return on Equity, Net Profit Margin dan Ukuran Perusahaan Terhadap underpricing. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(1), 41-53.

Permadi, P., & Yasa, G. (2017). Reputasi Auditor Sebagai Pemoderasi Pengaruh Informasi Keuangan dalam Prospektus Pada Tingkat Underpricing Penawaran Saham Perdana. E-Jurnal Akuntansi, 21(3), 1963-1992. doi:10.24843/EJA.2017.v21.i03.p10

Purwanto, S. W. A., Salman, F. I., & Budi, W. (2015). Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Initial Public Offering (IPO) Underpricing Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 86-114.

Retnowati, E. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). doctoral disertation. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Retnowati, E. (2013). Penyebab underpricing pada penawaran saham perdana di Indonesia. Accounting Analysis Journal, 2(2), 182-190.

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaaan. Edisi Keempat, Cetakan ke sepuluh. Yogyakarta: GPFE.

Saputra, A. C., & Suaryana, I. G. (2016). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Return On Assets dan Financial Leverage pada Underpricing Penawaran Umum Perdana. E-Jurnal Akuntansi, 15(2), 1201-1227.

Sembiring, E. F., Rahmawati, G., & Kusumawati, F. W. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2016. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(2), 167-176.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. Quarterly Journal of Economics, 83(3), 355-374.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tambunan, A. P. (2013). Analisis Saham Pasar Perdana (IPO). Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Tunggal, A. W. (2009). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Harvarindo.
Published
2020-04-30
How to Cite
Yuniarti, D., & Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing pada Saat Initial Public Offering. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 214-227. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.464
Section
Articles