Pengaruh NPM, EPS, DER dan PBV Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Terdaftar IDX HIDIV20 Dengan DPR sebagai Variabel Intervening

  • Asih Puji Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Aris Susetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Net Profit Margin, Earning Per Share, Debt Equity Ratio, Price Book Value, Dividend Payout Ratio, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin, Earning Per Share, Debt Equity Ratio dan Price Book Value Terhadap Harga Saham Melalui Dividend Payout Ratio Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar pada Indeks High Dividend 20 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 18 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pembuktian hipotesis terhadap DPR menunjukkan bahwa variabel EPS dan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel DPR, variabel NPM dan PBV berpengaruh  signifikan terhadap DPR. Hasil pembuktian hipotesis terhadap Harga Saham menunjukkan bahwa variabel NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, variabel EPS, PBV, DER, dan DPR berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hasil analisis dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa variabel NPM tidak memiliki hubungan langsung terhadap Harga Saham melainkan harus melalui variabel DPR. Variabel EPS tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap Harga Saham melalui variabel DPR. Variabel DER  tidak memiliki hubungan langsung terhadap Harga Saham melainkan harus melalui variabel DPR. Variabel PBV tidak terdapat pengaruh tidak langsung terhadap Harga Saham melalui variabel DPR. Berdasarkan nilai R2 menunjukkan bahwa kontribusi antar variabel terhadap variabel DPR sebesar 20.2% dan sisanya sebesar 79.80% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model, nilai R2 antar variabel terhadap variabel Harga Saham sebesar 80.3% dan sisanya sebesar 19.70% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmirantho, E., & Yuliawati, E. (2015). Pengaruh Dividen Per Share (DPS), Dividen Payout Ratio (DPR), Price To Book Value (PBV), Debt To Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) dan Return On Asset (ROA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Dalam Kemasan yang Terdaftar di BEI. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 1(2), 95-117.

Diantini, O., & Badjra, I. B. (2016). Pengaruh earning per share, tingkat pertumbuhan perusahaan dan current rasio terhadap kebijakan dividen. E-Jurnal Manajemen, 5(11).

Egam, G. E., Ilat, V., & Pangerapan, S. (2017). Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(1), 105-114.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2018. Analisis Investasi dan Aplikasinya Dalam Riset Keuangan dan Aset Riil. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Harjito, D. A. (2011). Teori Pecking Order dan Trade-Off dalam Analisis Struktur Modal di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Hukum UII, 15(2), 187-196.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Novitasari, D., & Prasetyo, E. (2018). Pergerakan Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). JURNAL EKUIVALENSI, 3(2), 1-18.

Rahayuningtyas, S. (2014). Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Terhadap Dividend payout ratio (DPR)(Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Tahun 2009–2011). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Rahmawati, N. D., Saerang, I. S., & Van Rate, P. (2014). Kinerja Keuangan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Bumn Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Simbolon, K., & Sampurno, R. D. (2017). Analisis Pengaruh Firm Size, DER, Asset Growth, ROE, EPS, Quick Rasio dan Past Dividend terhadap Dividend payout ratio (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 315-327.

Sudjana. (2001). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sumampow, S., & Murni, S. (2016). Pengaruh Return Saham, Price Book Value Dan Return On Asset Terhadap Dividend payout ratio Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Watung, R. W., & Ilat, V. (2016). Pengaruh Return On Asset (Roa), Net Profit Margin (Npm), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Wijaya, R. (2017). Kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap Harga Saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 21(3).

Yuliani, Y., & Supriadi, Y. (2014). Pengaruh Earning Per Share dan Dvidend Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Go Public. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 111-118.
Published
2020-04-30
How to Cite
Lestari, A., & Susetyo, A. (2020). Pengaruh NPM, EPS, DER dan PBV Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Terdaftar IDX HIDIV20 Dengan DPR sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 184-196. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.461
Section
Articles