Pengaruh Brand Awareness dan Brand Association Terhadap Brand Equity dengan Brand Loyalty sebagai Variabel Intervening

(Studi pada Konsumen Le Minerale di Kabupaten Kebumen)

  • Syukron Nawawi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Sulis Riptiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Brand Awareness, Brand Association, Brand Loyalty, Brand Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness dan brand association terhadap brand equity melalui brand loyalty pada konsumen Le Minerale di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dengan menggunakan Skala Likert 4. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden  pada konsumen Le Minerale. Hipotesis diuji menggunakan program SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Brand association berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Brand association berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap brand equity melalui brand loyalty. Brand association berpengaruh signifikan terhadap brand equity melalui brand loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1991). Manajemen Equitas Merek, mamanfaatkan nilai dari suatu merek. Jakarta: Mitra Utama.

Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Spektrum.

Aaker, D. A. (2014). Aaker on Branding: 20 Principles That Drive Success. New York: Morgan James Publishing.

Aqua Menguasai Pangsa Pasar Air Kemasan. Tempo.Co. diakses pada 13 Oktober 2019, 12.58 WIB, dari https://grafis.tempo.co/read/1215/aqua-mendominasi-pangsa-pasar-air-kemasan.

ASPADIN. (2016). Industry Update. Jakarta: Office of Chief Economist.

Erviana, I. P. (2013). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek (Survei pada Warga Perumahan Joyo Grand Konsumen Air Minum Kemasan Merek Aqua di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2).

James, D. (2005). Guilty through association: Brand association transfer to brand alliances. Journal of Consumer Marketing, 22(1), 14-25. http://dx.doi.org/10.1108/07363760510576518.

Keller, K. L. (1993) How to manage brand equity. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Kocoglu, C., Tengilimoglu, D., Ekiyor, A., & Guzel, A. (2015). The effects of brand loyalty on the consumer buying behaviors: The example of perfume in the province of Ankara. International Journal of Humanities and Management Sciences, 3(5), 318-323.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rahmawati. (2002). Create a Value of Brand with Personality. Usahawan No. 10 Tahun XXX.

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Top Brand Index 2019 fase 2: Kategori Air Minum Dalam Kemasan. diaskses pada 13 Oktober 2019, 14.05, dari http://www.Topbrand-award.com.
Published
2020-04-30
How to Cite
Nawawi, S., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Association Terhadap Brand Equity dengan Brand Loyalty sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 166-183. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.459
Section
Articles