Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee

  • Reni Suci Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
  • Harini Abrilia Setyawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Impulse Buying

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle  terhadap Impulse Buying pada e-commerce Shopee sehingga nantinya dapat menjadi referensi dalam dunia e-commerce

Penelitian dilakukan di Kebumen dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle sebagai variabel independen atau variabel bebas dan Impulse Buying sebagai variabel dependen atau variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan dengan bantuan kuisioner. Metode pengambilan sampel menggunakan dengan Tehnik non probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tehnik purposive sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu.

Metode  analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, tahap analisa menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis. Dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Sales promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Impulse Buying pada e-commerce Shopee baik secara parsial atau simultan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of retailing, 79(2), 77-95.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2003). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. New York: The McGraw? Hill.

Databoks .2019. Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia.

Felita, P., & Oktivera, E. (2019). PENGARUH SALES PROMOTION SHOPEE INDONESIA TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN Studi Kasus: Impulse Buying pada mahasiswa STIKS Tarakanita. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 4(2), 159-185.

Gutierrez, B. P. B. (2004). Determinants of planned and impulse buying: the case of the Philippines. Asia Pacific Management Review, 9(6), 1061-1078.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia. Diakses pada tanggal 20 September 2019.

Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya, 6 (1), 1-24. Retrieved from Jurnal Management Pemasaran.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Prinsip–Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nextren. (2018). Inilah Tren E-commerce 2018 di Indonesia. Tersedia di http://nextren.grid.id/read/0124363/inilah-tren-e-commerce-2018-di-indonesia-menurut-toko-daring-ini?page=all. diakses pada 19 september 2019.

Nextren. (2019). Catatan E-Commerce Indonesia Kuartal 2 2019: Shopee Salip BukaLapak. Tersedia di https://nextren.grid.id/read/011857132/catatan-e-commerce-indonesia-kuartal-2-2019-shopee-salip-bukalapak?page=all. diakses pada 19 september 2019.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative influences on impulsive buying behavior. Journal of consumer research, 22(3), 305-313.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Swasta, B., & Irawan (2005). Asas-asas marketing. Yogyakarta: Liberty.

To, P. L., Liao, C., & Lin, T. H. (2007). Shopping motivations on Internet: A study based on utilitarian and hedonic value. Technovation, 27(12), 774-787.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Utami, C. W. (2014). Strategi Dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2020-04-30
How to Cite
Wahyuni, R., & Setyawati, H. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144-154. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457
Section
Articles