Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee

Main Article Content

Alfi Nurul Hikmah
Sulis Riptiono

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena, dan didukung jurnal yang ada, sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh customer engagement dan e-service quality terhadap online repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara variabel independen, variabel intervening dan variabel dependen.  Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen pengunjung marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 tingkatan dan data yang diperoleh diolah dengan analisis SPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows versi 24.0. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis statistik (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel customer engagement  terhadap customer satisfaction, selanjutnya e-service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction, customer engagement berpengaruh signifikan terhadap online repurchase intention, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap online repurchase intention, serta  customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap online repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hikmah, A., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. JIMMBA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 89-100. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.447
Section
Articles

References

Anderson, R.E. dan Srinivasan, S.S. 2003. E-Satisfaction and E-Loyalty: A Contingensi Framework. Psychology & Marketing. Vol.20, No. 2,123-135.

Arifin,S. dan Saidani.B. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang pada Ranch Market.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).Vol.3, No. 1.

Dian, Ristina.A dan Rusfian, Effy.Z. 2013. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction. Jurnal Administrasi Niaga. Jakarta: FISI UI.

Ghada. A dan Roushdy. 2017. The Impact of Customer Engagemet On Repurchase Intention A mediating Role Customer satisfaction.

Gozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang Universitas Diponegoro.

Gozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Paramitha, Amelia. 2018. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Melalui E-Commerce Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. E journal Administrasi Bisnis. ISSN 2355-5408. Vol.6.No.3.

Rahmawati, E.S. 2015. Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajement. Vol.15.No.2,246-21.

Sarwono. 2005. Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI OFFEST.

Subagiyo, Rochmat dan Adlan, Aqim. M. 2007. Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi. 13(1), 1-15.

Taufan, Bimo, Yianto.E, dan Kumadji.S. 2016. Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Velue Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Vol 38.No. 2.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Andi: Yogyakarta.

http://www.apjii.or.id diakses tanggal 19 Oktober 2018

https://id.techinasia.com/penetrasi-internetdi-indonesia-2017 diakses tanggal 21 Oktober 2018

https://katadata.co.id/berita/2018/03/02/shopee-cetakan-transaksi-rp-59-triliun40-dari-indonesia diakses tanggal 2 November 2018

www.shopee.co.id diakses tanggal 4 November 2018