Pengaruh Budget Emphasis, Self Esteem, dan Partisipasi Anggaran Terhadap Budgetary Slack Pada OPD Pemerintah Kabupaten Kebumen

Main Article Content

Eka Fitra Ambarini
Mispiyanti Mispiyanti

Abstract

Budgetary slack timbul apabila manajer sengaja menetapkan pendapatan terlalu rendah atau menetapkan biaya terlalu besar. Kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya budgetary slack adalah adanya budget emphasis, self esteem dan partisipasi anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budget emphasis, self esteem, dan partisipasi anggaran terhadap budgetary slack. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Populasi penelitian ini adalah OPD Kabupaten Kebumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Dari 75 kuesioner yang dibagikan, hanya 70 kuesioner yang diterima kembali, dan hanya 43 kuesioner yang dapat diproses. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) budget emphasis berpengaruh positif dan signifikan terhadap budgetary slack. (2) self esteem berpengaruh dan signifikan terhadap budgetary slack. (3) partisipasi anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack. Sedangkan uji f menunjukkan bahwa budget emphasis, self esteem, dan partisipasi anggaran bersama – sama berpengaruh terhadap budgetary slack pada OPD Kabupaten Kebumen. Koefisien determinasi (R²) diperoleh hasil 29,5%, artinya 29,5%  variabel budget emphasis dipengaruhi oleh variabel budget emphasis, self esteem, dan partisipasi anggaran, sedangkan sisanya sebesar 70,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ambarini, E., & Mispiyanti, M. (2020). Pengaruh Budget Emphasis, Self Esteem, dan Partisipasi Anggaran Terhadap Budgetary Slack Pada OPD Pemerintah Kabupaten Kebumen. JIMMBA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.434
Section
Articles

References

Alfebriano. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Slack Anggaran Pada PT. BRI di Kota Jambi. E-Jurnal Binar Akuntansi 2(1): 2303-1522.

Apriyandi. 2011. Pengaruh Informasi Asimetri Terhadap Hubungan antara Anggaran Partisipatif dengan Budgetary Slack. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin. Makassar.

Ardanari, I G. A. A. S. C. dan I N. W. A. Putra. 2014. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Asimetri Informasi, Self Esteem dan Budget Emphasis pada Budgetary Slack. E-Jurnal Akuntansim Universitas Udayana 7(3): 700-715.

Ardianti, P. N. H., Suardikha, I M. S. dan Suputra, I D. G. D. 2015. Pengaruh Penganggaran Partisipatif pada Budgetary Slack dengan Asimentri Informasi, Self Esteem, Locus of Control dan Kapsitas Individu sebagai variabel Moderasi.E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4(0):296-311.

Armaeni. 2012. Analisis Partsipasi Anggaran, Penekanan Anggaran, dan Informasi Asimetri Terhadap Senjangan Anggaran (Studi pada SKPD Pemerintah Kabupaten Pinrang). Skripsi. FEB Universitas Hasanuddin. Makasar.

Arthaswadaya, A. 2015. Pengaruh Informasi Asimetri terhadap Budgetary Slack dengan Self Esteem sebagai Variabel Pemoderasi: Studi Esperimen dalam Konteks Penganggran Partisipatif. Skripsi. Program S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.

Bangun, N. dan K. W. Andani. 2012. Pengaruh Budgetary Partisipation, Information Asymmetry, Budget Emphasis dan Self Esteem Terhadap Budgetary Slack. Jurnal Akuntansi 12(1):577-594.

Basyir, A. A. 2016. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, dan Kapsitas Individu terhadap Budgetari Slack pada SKPD Pemerintah Kota Samarinda.Jurnal Ekonomi dan Keuangan 13(2):2528-1135.

Erina, N. P. D. dan W. Suartana. 2016. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Penekanan Anggaran, Kapasitas Individu, Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 15(2): 973-1000.

Geografis Kabupaten Kebumen. http://kebumenkab.go.id/index.php/public/page/ index/23. diunduh tanggal 10 Desember 2018 pukul 16:00 WIB.

Ghozali, I . 2014. Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Edisi Ketujuh. Cetakan Ketujuh. Badan Penerbit Universita Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2016a. Aplikasi Analisis Multivariate : Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2018b. Aplikasi Analisis Multivariate : Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Cetakan Kesembilan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Guswandi, F. 2017. Pengaruh Task Complexity dan Budget Emphasis terhadap Budgetary Slack dengan Self Esteem sebagai Variabel Moderating pada SKPD di Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Program S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin. Makassar.

Hurrasyid, M. N. 2015. Pengaruh Budgetary Participation, Informasion Asymmetry, Budget Emphasis, dan Job Relevant Information terhadap Budgetary Slack Studi Empiris pada Sekolah Menengah Atas di Tangerang Selatan. Skripsi. Program S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Junaidi. 2010.

Kahar, S. H. A. dan A. Hormati. 2017. Peran Budget Emphasis dalam Memoderasi hubungan Partisipasi Anggaran terhadap Senjangan dan Kinerja Manajerial Studi pada 30 SKPD Kota Ternate. Jurnal Akuntansi dan Auditing 14(1):71-88.

Kusniawati, H. dan I. A. Lahaya. 2017. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran, Asimetri Informasi terhadap Budgetary Slack pada SKPD Kota Samarinda. Jurnal FEB Umnul 14(2): 2528-1135.

Mulyani, R. A. 2015. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggran Terhadap Senjangan Anggaran dengan Budget Emphasis sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus pada Pemerintah Kota Cirebon. Skripsi. Program S1 Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Mulyani, S. dan F. A. Rahman. 2012. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Tekanan Anggaran, Komitmen Organisasi dan Kompleksitas Tugas Terhadap Slack Anggaran Pada Perbankandi Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi I 18(1): 4362.

Nopriyanti, E., N. Azlina, dan M. Alamsyah. 2016. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi, Locus of Control, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Agam). JOM
Fekon 3(1): 777-791.

Prakoso, R. W. 2016. Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Asimetri, Komitmen Organisasi, dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Senjangan Anggaran : Studi Kasus pada SKPD Kota Semarang. Skripsi. Program S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Resen, N. S. K. 2014. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Self Esteem, dan Budget Emphasis Terhadap Budgetary Slack Pada Hotel Berbintang di Denpasar. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana 10(1): 2302-8556.

Savitri, E. dan E. Sawitri. 2014. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran dan Informasi Asimetri Terhadap Timbulnya Kesenjangan Anggaran. Jurnal Akuntansi 2(2): 210226.

Setiyanto, A. B. 2011. Pengaruh Informasi Asimetri dan Partisipasi Penganggaran terhadap Komitmen Organisasi serta Dampaknya terhadap Timbulnya Senjangan Anggaran Studi Kasus pada PT. Suara Merdeka Perss Semarang. Skripsi. Program S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Soleh, C. dan H. Rochmansjah. 2010. Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Fokusmedia. Bandung.

Suarditha, N. G., A.A.N.B. Dwirandra dan D. N. Badera. 2017. Kemampuan Pengawasan Internal dan Gaya Kepemimpinan Memoderasi Pengaruh Partisipasi Penganggaran dan Profesionalisme pada Senjangan Anggaran Pemerintah Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6(3):1205-1232.

Triana, M., Yuliusman dan W. E. Putra. 2012. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Budget Emphasis, dan Locus of Control Terhadap Slack Anggaran (Survei Pada Hotel Berbintang di Kota Jambi). eJurnal Binar Akuntansi 1(1): 51-60.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015. Pemerintah Daerah. 2003.

Visi dan Misi Kabupaten Kebumen.http://www.kebumenkab.go.id/index.php/public/page/index /19 diunduh pada tanggal 10 Desember 2018 pukul 16:30 WIB.

Wati, C. H. S., Teturan, Y. E. dan Maspaitella, N. F. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Budget Emphasis terhadap Budgetary Slack Pada Telkom Di Kota Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial 4(1).

Wati, N. P. D. L. S. dan I G. A. E. Damayanthi. 2017. Pengaruh Partisipasi Penganggaran, Asimetri Informasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Budget Emphasis pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 21(3):2311-2337.

Yuwono, S., Dkk. 2005. Penganggran Sektor Publik Pedoman Praktis Penyusunan,pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban APBD (Berbasis Kinerja). Bayumedia Publishing. Malang.