PENGARUH REVITALISASI, DAN KESADARAN TERHADAP PREFERENSI WISATAWAN BUKIT PENTULU INDAH KARANGSAMBUNG KEBUMEN

  • Dhuha Luthfi Haifa
  • Sigit Wibawanto
Keywords: Revitalization, Awareness, Tourist Preferences

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of revitalization and awareness of tourist preferences. Data collection is done by questionnaire using purposive sampling method. Respondents in this study were tourists who made tourist preferences to Bukit Pentulu Indah totaling 100 people. The variable in this study is revitalization, awareness of tourist preferences. The sampling technique used is the Nonprobability Sampling technique so that the selection of sample members takes into account the conditions set. The data used in this study are primary data and sequential data. The results of this study indicate that the revitalization variable does not affect tourist preferences, awareness has a positive and significant effect on tourist preferences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwiputra, Roby. 2013. Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata Di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi. Jurnal perencanaan wilayah dan kota. 24(1),35-48.
Fitriany, Masayoe S., Farouk H.M.A. Husnil., dan Taqwa, R. 2016, Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Kesehatan Lingkungan (Studi Di Desa Segiguk Sebagai Salah Satu Desa Penyangga Kawasan Hutan Suaka Margasatwa Gunung Raya Ogan Komering Ulu Selatan, Jurnal Penelitian Sains, Vol.18, No.1 18107-41-46.
Gantini, Kariza D., & Setiyorini, HP Diyah. 2012. Pengaruh Revitalisasi Produk Wisata Terhadap Preferensi Mengunjungi Lembah Bougenville Resort (Survei Pada Pengunjung Lembah Bougenville Resort Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Tourism and Hospitality Essentials (The) Journal, 2(2), 387- 406.
Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
--------------------. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: UNDIP.
--------------------. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta:Andi Offset.
Indasari, F., & Yanto. 2018. Hubungan Brand Destinasi Terhadap Preferensi Wisatawan Mancanegara di Kota Bengkulu. Seminar Nasional Royal, 537-540.
Jamanti, Retno. 2014. Pengaruh Berita Banjir di Koran Kaltim Terhadap Kesadaran Lingkungan Masyarakat Kelurahan Temindung Permai Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(1): 17-33. Kerlinger. 1973. Metode Penelitian. Jakarta: Erlangga.
Koranti, K., Sriyanto., & Lestiyono, S. 2017. Analisis Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana di Wisata Taman Wisata Kopeng. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3), 242-254.
Kotler, Philips. 2000. Manajemen Pemasaran. Buku 2. Edisi Keenam. Jakarta: PT. Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis &
Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Kuntarto, Andreas., & Murnisari, Retno. 2016. Analisis Potensi Wisata dan Kesadaran Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik (Studi pada Pantai Pehpulo di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan
(Penataran), 1(1), 36-49.
Kurniyanti, Nira., Rochaeni, S., & Ichdayanti, Lilis I. Pengaruh Kesadaran Persepsi dan Preferensi Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Lokal Studi Kasus Kawasan Industri Di Jakarta Utara. Jurnal Agribisnis, 10(1), 47-66.
Martokusumo, Widjaja. 2008. Revitalisasi, Sebuah Pendekatan dalam Peremajaan Kawasan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 19(3), 57-73.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Onny, S., Priyono, & A. M. W. Pranarka. 1996. Pemberdayaan Konsep Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS
Peter, dan Olson. 1996. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah). Consumen Behavior. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Retroningsih, A., dan Suharso. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.
Rifqi, Miftahur. 2017. Tingkat Kesadaran Hukum Mahasiswa Terhadap Qanun No.6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat. Legitimasi, Vol. VI, No 1, 62-88.
Rochaeni, Siti. 2013. Analisis Persepsi, Kesadaran, dan Preferensi Konsumen Terhadap Buah Lokal. Jurnal Agribisnis, 7(1), 91-104.
Salam, Muhammad R. 2010. Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Permukiman Dikawasan Pusat Kota Palu, Jurnal Ruang, vol. 2, no.2. 8-23.
Sarwono, Jonathan. 2005. Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sekaran, Uma. 2011. Research Method For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2009. Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
-------------. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
-------------. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sastrawinata, Hendra. 2011. Pengaruh Kesadaran Diri, Pengaturan Diri, Motivasi, Empati, dan Keterampilan Sosial Terhadap Kinerja Auditor Pada Kap di Kota Palembang. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.
Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity, 1(2),153-158.
Sitorus, R. 2017. Revitalisasi Objek Wisata Rumah Tenun Pucuk Rebung Hj Yahya Kampung Bandar Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. JOM Fisip, 4(2), 1-5.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wongso, Jonny. (2006). Strategi Revitalisasi Kawasan Pusat Kota Bukit tinggi.
www.pariwisatakebumen.com diakses pada 23 Oktober2018
Published
2019-12-04
How to Cite
Haifa, D., & Wibawanto, S. (2019). PENGARUH REVITALISASI, DAN KESADARAN TERHADAP PREFERENSI WISATAWAN BUKIT PENTULU INDAH KARANGSAMBUNG KEBUMEN. JIMMBA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 85-91. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/393
Section
Articles