PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CONSUMER TRUST SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI 1 KECAMATAN KEBUMEN)

  • Cucu Andita Widya
  • Sulis Riptiono
Keywords: Online Consumer Review, Viral Marketing, Consumer Trust, Purchasing Decisions

Abstract

This study aims to determine the effect of online consumer review and viral marketing on purchasing decisions through consumer trust as an intervening variable. The population in this study is the people in Kebumen District who have made purchases at online stores via Instagram. The research sample of 100 people with a purposive sampling method. The method used in this research is quantitative method. Data analysis using path analysis with the SPSS 22 program. The results of this study indicate that online consumer review and viral marketing have a significant effect on consumer trust. Furthermore, online consumer review has no effect on purchasing decisions, while viral marketing and consumer trust have a significant effect on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. 2017. “Pengguna Instagram di Indonesia Mencapai 45 Juta”. Diambil dari https://bali.antaranews.com/berita/ 108986/pengguna-instagram-di- indonesia-mencapai-45-juta
Andini, N.P., Suharyono dan Sunarti. 2014. “Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 11 No. 1, Juni 2014.
Hamdani, M.Y., dan Mawardi, Kholid. 2018. “Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercyaan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 yang pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Instgram)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 60 No. 1, Juli 2018.
Kanitra, A.R., dan Andriani, K. 2018. “Pengaruh Country Of Origin dan Online Consumer Review Terhadap Trust dan Keputusan Pembelian (Survey Pada Mahasiswa S1 fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembelian Produk Oppo Smartphone)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 61 No. 1, Agustus 2018.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Sutanto, Monica. A, dan Aprianingsih, A. 2016. “The Effect of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: a Study in Premium Cosmetic in Indonesia”. Proceeding International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. 2016, 2528-617X.
Wardanhi, sartika sari. 2011. “Strategi Viral Marketing Im3 Indosat Dalam Menarik Pelanggan Kawula Muda Di Makassar”. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 1, No. 4 Desember 2011.
Published
2019-12-04
How to Cite
Widya, C., & Riptiono, S. (2019). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CONSUMER TRUST SEBAGAI INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI 1 KECAMATAN KEBUMEN). JIMMBA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 76-84. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/article/view/392
Section
Articles