PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK KALTIM CABANG SYARIAH BALIKPAPAN

  • Fice Handayani
  • Zenita Zenita

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Sistem Pengendalian Intern yang terdiri dari personil yang kompeten dan dapat dipercaya (X1), adanya pemisahan tugas (X2),  prosedur otorisasi yang tepat (X3), dokumen dan catatan yang memadai (X4), kontrol fisik aktiva dan catatan (X5) dan pemeriksaan pekerjaan secara independen (X6) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap penyaluran kredit pada Bank Kaltim Syariah Cabang Balikpapan. Alat análisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda.

Hasil pengujiansecara simultan Sistem Pengendalian Intern  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit pada Bank Kaltim Cabang Syariah Balikpapan.

Dan secara parsial yang berpengaruh dominan terhadap penyaluran kredit pada Bank Kaltim Cabang Syariah Balikpapan adalah kontrol fisik aktiva dan catatan (X5).

 

 

Kata kunci : Sistem Pengendalian Intern, Penyaluran Kredit

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-30
How to Cite
Handayani, F., & Zenita, Z. (2017). PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK KALTIM CABANG SYARIAH BALIKPAPAN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 65-96. https://doi.org/10.32639/jiak.v6i2.97
Section
Articles