ANALISIS METODE PERHITUNGAN MARJIN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KSPPS DARUL AMWAAL BAROKATUL ADZKIA

Main Article Content

Ika Neni Kristanti

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Darul Amwaal Barokatul Adzkia (KSPPS DAMBA) merupakan Lembaga Keuangan Syariah yang berbentuk koperasi. Piutang murabahahmemiliki kontribusi besar dalam pengelolaan dana, namun dalam praktiknya KSPPS Darul Amwaal Barokatul Adzkia belum menerapkan metode perhitungan marjin pembiayaan murabahah.Ada beberapa metode perhitungan marjin yang diperbolehkan menurut fatwa DSN-MUI no. 84/DSN-MUI/XII/2012 yaitu secara proporsional dan secara anuitas.


Metode penelitian yangdigunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menyajikan perhitungan marjin yang digunakan oleh KSPPSDarul Amwaal Barokatul Adzkia, kemudian menerapkan dalam perhitungan menggunakan metode proporsional dan metode anuitas.


Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa skedul angsuran pembiayaan murabahah pada KSPPS Darul Amwaal Barokatul Adzkia menunjukan angsuran pokok dan angsuran marjin yang dibayarkan nasabahjumlahnya sama setiap bulan. Pada praktiknya perhitungan marjin murabahah pada KSPPS Darul Amwaal Barokatul Adzkia belum menerapkan metode proporsional maupun metode anuitas, hanya menggunakan perhitungan yang sederhana, sehingga dikhawatirkan menimbulkan ketidakjelasan. Oleh karena itu sebaiknya KSPPS Darul Amwaal Barokatul Adzkia segera menerapkan metode yang digunakan dalam perhitungan marjin murabahah.


 


Kata Kunci : Marjin Murabahah, Metode Proporsional, Metode Anuitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles