Pengaruh Laba Kotor, Laba Tunai Dan Laba Setelah Pajak Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Siti Patimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Laba Kotor, Laba Tunai dan Laba Setelah Pajak terhadap Dividen Kas pada perusahaan Barang Konsumsi . Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria Perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang selalu menyajikan laporan keuangan tahun buku berakhir 31 Desember selama periode 2010 – 2012. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan Barang Konsumsi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t secara parsial, uji F secara simultan dengan level of significance 5% dan uji koefisien determinasi.


Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data Laba Kotor, Laba Tunai dan Laba Setelah Pajak secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap Dividen Kas pada perusahaan Barang Konsumsi. Sementara secara simultan Laba Kotor, Laba Tunai dan Laba Setelah Pajak terbukti berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada level kurang dari 5% yaitu sebesar 0.000% (55.020 > 2.975). Naik turunnya Dividen Kas dipengaruhi oleh Laba Kotor, Laba Tunai dan Laba Setelah Pajak sebesar 86.4% dimana nilai R2 sebesar 0.864.


Hasil penelitian ini menerima hipotesis yang pertama diduga Laba Kotor, Laba Tunai dan Laba Setelah Pajak secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividen Kas pada perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2012 dan hipotesis yang kedua yaitu Laba Setelah Pajak secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividen Kas pada perusahaan Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2012.


 


Kata kunci : Laba Kotor, Laba Tunai, Laba Setelah Pajak dan Dividen Kas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles