PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN ADVERTISING EFFECTIVENESS TERHADAP SHOPPING EMOTION DAN PEMBELIAN IMPULSIF

  • Gunarso Wiwoho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa
Keywords: E-Servicescape, Advertising Efeectiveness, Shopping Emotion, Pembelian Impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-servicescape dan advertising efeectiveness terhadap shopping emotion dan pembelian impulsif pada pengguna Shopee di Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan menggunakan teknik  non-probability sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 responden konsumen Shopee. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah e-servicescape (X1), advertising efeectiveness (X2), shopping emotion (Y1) dan pembelian impulsif (Y2). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur dan analisis korelasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel valid dan reliabel, tidak terdapat multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan model memenuhi asumsi normalitas. Pengaruh e-serivescape terhadap shopping emotion menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap shopping emotion. Pengaruh advertising effectiveness terhadap shopping emotion menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap shopping emotion. Pengaruh e-serivescape terhadap pembelian impulsif menunjukkan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap pembelian impulsif. Pengaruh advertising effectiveness terhadap pembelian impulsif menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Pengaruh shopping emotion terhadap pembelian impulsif menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Adi Sukma. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma

Adawiyah, Qori’atul, at all . 2018. Triggering Impulsive Buying Based on Brand Personality, Promotion and Servicescape with Mediation Shopping Emotion. Jurnal Universitas Jember.

Allan, Dwi I’sana. 2013. Analisis Pengaruh Display produk, Promosi Below The Line, dan Emosi Positif Terhadap Keputrusan pembelian Impulsif Pada Sri Ratu Pemuda Department Store. Jurnal Undip

C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Djaslim, Saladin dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran, Cetakan Kedua. Bandung. Penerbit Linda Karya

Durianto, Darmadi dan C. Liana. Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnyadengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11, No. 1, 2004

Engel, J. F., & Blackwell, R. D. 1982. Consumer Behavior. Fourth Edition. Chicago, The Dryden Press

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, W, Ricky dan Ronald J Ebert. 2002. Management, Erlangga, Jakarta.

Harris, L. C., and M. M. H. Goode. 2010. Online Servicescape, Trust, and Purchase Intentions. Journal of Service Marketing, Vol. 24, No. 3: hal. 230-243

Haryanto, S. 2009. Ensiklopedi Tanaman Obat Indonesia. Yogyakarta: Palmal.

Hawkins. et al. 2001. Consumer Behavior: Building Market Strategy. Boston : Irwin/Mc Graw Hill

Japarianto, Edwin & Sugiyono Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.6, No. 1

Kurniawan, Denny Kurniawan dan Yohanes Sondang Kunto Ssi. Msc (2013). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening Studi Kasus di Matahari Departemen Store Cabang Supermall Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra.

Mowen, John C. and Michael Minor. 2001. Perilaku Konsumen. Alih bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jilid 2: Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba. 1996. Measuring Consumer Perception Throught Factor Analysis. The AsiaManager. February-March. Hal 28-32

Rook, D dan Fisher, J.R.1995, Normative influences on impulsive buying behaviour”, in Bearden, W. And Netemeyer, G.R. (Eds), Handbook of Marketing Scales,2nd ed, pp.55-56

Rook, D dan Fisher, J.R. 1995. Normative influences on impulsive buying behavior. Journal of consumer research, pp.305-313

Sarwono, Jonatan. 2007. SPSS Analisis Jalur. Yogyakarta: Penerbit Andi

Simamora, Bilson. (2007). Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama

Simamora, Bilson. 2004. Membongkar Kotak Hitam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.Shimp, Terence. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonomika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta; Penerbit Bayumedia Publishing

Utami, Christina Widya. 2010. Manajemen Ritel (edisi 2). Jakarta:Salemba Empat.

Wauran, Pricylia dan Jane Grace Poluan (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Servicescape Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Freshmart Manado). Jurnal Universitas Sam Ratulangi.
Published
2019-07-31
How to Cite
Wiwoho, G. (2019). PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN ADVERTISING EFFECTIVENESS TERHADAP SHOPPING EMOTION DAN PEMBELIAN IMPULSIF. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 81-85. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.538
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>