PELAKSANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENYELESAIAN PERMOHONAN KEBERATAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI

  • Randy Ariyadita Putra Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan Negara yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan nasional. Dalam meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah melakukan reformasi di bidang perpajakan yang tidak hanya terjadi di tingkat struktur organisasi, tetapi juga dalam hal sistem informasi dan sumber daya manusia termasuk prosedur kerja. Salah satunya yaitu penetapan standar pelayanan yang berhubungan dengan proses-proses penyelesaian masalah antara Dirjen Pajak dengan wajib pajak seperti pada sengketa pajak. Dalam proses pemenuhan kewajiban pajak, prinsip Self-Assessment pada pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang diterapkan kepada wajib pajak menciptakan celah ketidakadilan. Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan menyebabkan wajib pajak tidak puas atas ketetapan tersebut sehingga timbul sengketa pajak.

Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari untuk tahun pajak 2017 Standard Operating Procedure (SOP) dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 9/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Keberatan dan dijabarkan dalam SE-11/PJ/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelesaian Keberatan Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai dan/atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif mengingat bahwa yang akan dibuktikan adalah pelaksanaan penyelesaian permohonan keberatan atas sengketa pajak antara wajib pajak dengan aparat pajak berdasarkan SOP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SOP penyelesaian permohonan keberatan telah sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak nomor SE-11/PJ/2014 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-9/PMK.03/2013. SOP (Standard Operating Procedure) penyelesaian permohonan keberatan juga efektif dalam proses penyelesaian permohonan keberatan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kendari.

Kata kunci: Pajak, Reformasi Perpajakan, Sengketa Pajak, Keberatan Pajak, SOP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-23
How to Cite
Putra, R. A. (2019). PELAKSANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENYELESAIAN PERMOHONAN KEBERATAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KENDARI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 39-58. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i1.281
Section
Articles